Koarmada II Kerahkan Kapal Perang TNI AL Bantu Penduduk Pulau Sapudi Yang Mengalami Krisis Air Bersih

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya (Koarmada II) – Musim kemarau yang cukup panjang menimbulkan kekeringan dan membuat penduduk di Pulau Sapudi, Madura mengalami krisis air bersih sehingga menyulitkan mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi tersebut membuat Komando Armada II bersinergi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Jatim bergerak untuk memberikan bantuan air bersih kepada penduduk di Pulau Sapudi.

Dalam pemberian bantuan tersebut Koarmada II menggerakan kapal perang TNI AL KRI Teluk Ende-517, yang dijadwalkan berangkat pada Minggu (3/11) dari Dermaga D Selatan Markas Koarmada II, dengan membawa anggota Satgas Penanggulanagan Bencana Kekeringan Sumenep yang terdiri dari dukungan personel berjumlah kurang lebih 200 orang, terdiri dari Satgas Gabungan Armada, Lantamal V dan Lanal Batuporon. Juga 1 SST Yonmarhanlan, BPBD Jatim, Tagana dan Satpol PP.

Berikutnya dukungan material berupa 2 unit Tug Boat Bromo dan Tambora, serta 1 unit Tongkang air tawar dari Lantamal V. Sedangkan bahan bantuan yang diberikan kurang lebih berupa 3000 hingga 5000 jerigen air bersih yang tiap jerigennya berisi 25 Liter. Selain itu 3 mobil tangki air BPBD Jatim yang masing-masing membawa 5 Ton air ikut mendukung program bantuan air bersih ini.

Seluruh bahan bantuan menurut rencana akan segera didistribusikan saat KRI Teluk Ende sandar di Dermaga Pulau Sapudi pada Senin besok (4/11). Tercatat tiga pulau menjadi sasaran pemberian bantuan air bersih yakni Pulau Sapudi meliputi kecamatan Gayam dan Nonggunong. Kemudian Pulau Giligenting meliputi kecamatan Giligenting dan Pulau Kangean meliputi kecamatan Arjasa dan Kangayan.

Sementara Komandan Satfib Koarmada II sebagai Dansatgas Penanggulangan Bencana Kekeringan di Sumenep mengatakan, bahwa satgas ini terbentuk atas kepedulian pimpinan dalam hal ini Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto terhadap kondisi warga di Pulau Sapudi.

“Sesuai perintah Pangkoarmada II maka kita siapkan material dan personel sebagai Satgas Penanggulangan Bencana Kekeringan di Pulau Sapudi, yang bersinergi dengan BPBD Jatim, Satpol PP, dan Polri yang akan bertugas dari tanggal 3 hingga 6 November 2019,” terang Komandan Satuan Amfibi (Dansatfib) Koarmada II sebagai Dansatgas Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo.

Teguh menambahkan jika bantuan ini secara simbolis akan diberikan Pangkoarmada II kepada warga Pulau Sapudi, saat mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dalam kunjungan kerjanya di Pulau Sapudi pada Selasa, 5 November 2019 lusa.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.