Pangkoarmada II Pimpin Penerimaan Perwira Remaja Lulusan AAL Angkatan Ke-64

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya (Koarmada II) – Sebanyak 60 orang perwira remaja atau Paja lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-64 yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun di Kawah Candradimuka AAL Bumi Moro Surabaya, diterima dengan acara tradisi oleh Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto bertempat di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Senin (11/11).

Acara yang dilaksanakan tepat saat sang fajar terbit ini, merupakan tradisi yang digelar sebagai simbol penyambutan terhadap para Perwira Remaja AAL yang telah resmi sebagai prajurit Koarmada II.

Dalam acara tersebut diawali dengan pengucapan Ikrar oleh para Perwira Remaja, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Yayuk Heru Kusmanto memberikan Tirta Amertha Putera Samudera Dewa Ruci berupa segayung air kembang kepada setiap paja, yang bermakna sebagai doa restu dan harapan agar mereka kelak bisa menjadi perwira TNI AL yang tangguh, handal, mumpuni dan berintegritas.

Nantinya ke-60 paja tersebut akan ditempatkan di satuan jajaran Koarmada II sesuai dengan korps masing-masing. Antara lain Korps Pelaut, Korps Teknik, Korps Elektronika dan Korps Suplai.

Sementara Pangkoarmada II dalam sambutannya mengatakan jika Koarmada II saat ini merupakan Center Of Gravity TNI AL, yang artinya Koarmada II menjadi tolak ukur kekuatan sehingga postur, figur dan performa Angkatan Laut terukur dari Koarmada II.

“Sehingga kalian sebagai perwira yang terpilih patut merasa bangga, patut bersyukur ditempatkan di Koarmada II. Karenanya kebanggaan tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan sesuai jabatan dimana kalian ditugaskan,” tutur Heru-sapaan akrab orang nomor satu dijajaran Koarmada II ini.

Heru menambahkan para perwira remaja tersebut juga harus bersikap profesional sebagai prajurit matra laut, juga sebagai prajurit pejuang dan prajurit nasional kebanggan rakyat.

“Untuk itu segera kuasai bidang tugas kalian di lingkungan tugas, segera adaptasikan diri dan gali potensi diri kalian. Ingat perwira adalah pemimpin, perwira adalah manager dan motor penggerak. Selain itu yang juga penting adalah perwira bagian dari solusi bukan bagian dari masalah,” tegas laksamana dengan dua bintang di pundak ini.

Ikut hadir dalam acara tersebut Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo, ara Asisten Pangkoarmada II, Komandan Satuan Kapal, para Kasatker serta Komandan KRI di pangkalan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.