Patroli Dialogis Ditsamapta Polda Banten Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme

Spread the love

Jurnalline.com, Serang (Banten) – Direktorat Samapta Polda Banten melaksanakan kegiatan rutin patroli dialogis di Kampung Cijahe, Desa Palanyar, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang Banten, Rabu (13/11/2019).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si., melalui Dirsamapta Kombes Pol Jondrial, S.ik., mengatakan, kegiatan patroli kewilayahan ini menjangkau sampai ke pelosok pedesaan.

“Patroli dialogis ini dilakukan sebagai upaya Kepolisian khususnya Polda Banten dan jajaran dalam menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat” kata Kombes Pol Jondrial saat dikonfirmasi.

Dalam setiap pelaksanaan patroli, lanjutnya, personel dilapangan menyampaikan himbauan kamtibmas. Sala satunya dengan memberikan pemahaman bahaya radikalisme, cegah terorisme dan anti Pancasila.

“Menjalin komunikasi dan interaksi yang baik ditengah-tengah masyarakat, sehingga himbauan dapat tersampaikan lebih efektif,” imbuhnya.

Dikesempatan lainnya, Kombes Pol Edy Sumardi P. S.I.K., MH., mengungkapkan bahwa ada beberapa upaya pencegahan dan pemberantasan radikal, anti Pancasila dan cegah aks terorisme yang sebenarnya sudah dilakuan oleh masyarakat sejak dahulu.

“Seperti halnya mengaktifkan kembali pos kamling, mengecek keberadaan tamu atau pendatang dan yang terpenting adalah melaporkan kepada Polsek setempat jika menemukan hal-hal atau ajaran yang menyimpang,” ujar Kombes Pol Edy Sumardi.

Berbagai upaya tersebut, menurut Kombes Pol Edy Sumardi, pihak Kepolisian sudah melakukan sosialisasi bahaya radikal secara rutin dan komprehensif.

“Menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik diperkotaan maupun di pedesaan sekalipun. Mensosialisasikan kepada kalangan pelajar, mahasiswa, ormas dan masyarakat secara umum,” ungkapnya.

Penulis : Jon
Editor : Ndre
Sumber : Bidhumas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.