Penuh Makna, Satgas Yonif 755 Kostrad Bersama Pemuda Dabra Peringati Hari Sumpah Pemuda

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satgas Pamrahwan Yonif 755/Yalet Kostrad bersama lebih dari 50 pemuda pemudi Desa Dabra, Kabupaten Mamberamo Raya memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019

Disampaikan Oleh Danyonif 755/Yalet Kostrad, Letkol Inf Agus Rediyanto, S.E dalam rilis tertulisnya di Merauke, Kamis (30/10/2019).

Menurutnya, Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

“Sebagai warga negara yang baik, kita tidak boleh melupakan sejarah, kita harus memahami isi dari ikrar para pemuda yang dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia,” tuturnya.

“Ditengah tengah era globalisasi dan modernisasi saat ini terkadang nilai-nilai tersebut sering dilupakan dan bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada,” terangnya.

“Maka dari itu, Satgas Yonif 755/Yalet Kostrad memberikan ilmu tentang Wawasan Kebangsaan kepada pemuda dan pemudi Desa Dabra, Distrik Memberamo Hulu, Kabupaten Memberamo Raya di hari Sumpah Pemuda,” ungkapnya.

“Tidak hanya itu, anggota Satgas juga menjelaskan tentang sejarah adanya sumpah pemuda, maksud dan arti dari sumpah pemuda serta pembacaan ikrar sumpah pemuda secara bersama-sama sebagai penutup,” tambahnya.

“Harapan kita jiwa Nasionalisme yang dimiliki pemuda pemudi zaman dahulu bisa menular kepada pemuda kita hingga sekarang dan tidak akan pudar
ditelan oleh zaman,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan salah satu tokoh pemuda setempat Sdr. Nelson Foisa (19 Th) mengungkapkan bahwa ini merupakan pertama kalinya para pemuda disini ada yang mengarahkan sehingga kita menjadi paham dan mengerti.

“Selain itu kita pemuda disini seperti mendapatkan semangat baru, dan kita pemuda disini sepakat bahwa walaupun kegiatan ini sangat sederhana dan tempat apa adanya namun ini semua memberikan makna tersendiri bagi kami,” tambah Nelson.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.