Profesional Babinsa dengan Diklat Ideologi Pancasila Terpusat di Medan TA.2019

Spread the love

Jurnalline.com, Medan – Profesionalisme peran Babinsa (Bintara pembina desa) dalam pembinaan teritorial diwilayahnya masing-masing diperkuat oleh Diklat mental ideologi Pancasila terpusat di Hotel Ballroom Four Points Medan Sumatera Utara, Rabu (6/11/2019).

Pada Giat Diklat tersebut Kodim 0505/Jakarta timur mengirimkan 1 (satu) orang Babinsa terbaiknya an. Pelda Doni Hermawan yang didampingi oleh para perwakilan tiap-tiap Kodim jajaran Korem 051/Wijayakarta diantaranya Peltu NP Simbolon , Pelda Syamsul , Pelda Sutarto , Serma M. Abdul Munir , Sertu S. Saragih dan Serda Darlis Sinaga yang dikirim Untuk mengikuti Diklat dalam meningkatkan Profesionalisme Babinsa.

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Selasa, 5 November 2019 bertempat di Hotel Ballroom Four Points Medan Sumatera Utara ini dan diawali dengan
Sambutan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI MS. Fadillah yang menyampaikan wawasan tentang Mental Ideologi Prajurit Teritorial sebagai garda terdepan pasukan TNI AD yang diharapkan mampu memberikan yang terbaik pada pembinaan teritorial diwilayahnya masing-masing dengan 5 (lima) kemampuan teritorial nya.

Sambutan Waaster KASAD Brigjen TNI Gathut Setiyo Utomo, SIP menyampaikan tujuan pelaksanaan Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila serta Wawasan Kebangsaan adalah untuk meningkatkan pemahaman, peningkatan dalam melaksanakan tugas Komando kewilayahan nya, menciptakan Babinsa yang mempunyai bekal dasar pemahaman Ideologi Pancasila, Wawasan Nusantara dalam setiap pelaksanaan tugas selalu mengedepankan salam Teritorial kepada Warga masyarakat binaannya.

Sementara sasaran yang hendak dihasilkan adalah Babinsa yang berkarakter dan berintegritas serta mempunyai kemampuan berpikir, merumuskan dan melaksanakan tugas Teritorial nya.

Diklat Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan mulai tanggal 4 November s.d. 8 November 2019 selama 5 (lima) hari kerja yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah keseluruhan 92 (sembilan puluh dua) orang Babinsa dari tiap-tiap Kodim Se Indonesia.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala BPIP Bp. Prof Dr. Hariyono, M.Pd menekankan bahwa pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Lebih jauh beliau menjelaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mempunyai keterikatan jiwa yang kuat dalam rangkaian bernegara tersebut berawal disaat  Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai tujuan utk mengaplikasikan Nilai nilai Pancasila kepada Masyarakat dan Generasi penerus yang ada di berbagai daerah, Oleh karena itu, diperlukan kemampuan seorang Babinsa yang berwawasan dan berpengetahuan tentang ideologi Pancasila dengan Melalui Diklat Ideologi Pancasila yang diselenggarakan oleh BPIP dengan Tema “Sinergitas BPID dengan Mabesad”. Peran aktif Babinsa dalam melaksanakan pembinaan teritorial di daerahnya masing-masing selalalu mengedepankan Nilai nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.” tukasnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pendim jt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.