Surga Desa Jadi Prioritas Pramusrenbangdes Desa Palas Aji Tahun 2019/2020

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Pra musrenbangdes (musyawarah rencana pembangunan desa) desa palas aji, kec palas, kab. Lampung selatan (lamsel) mendindak lanjuti musdus untuk menuju musrenbangdes tahun 2020, yang akan di laksanakan hari rabu (6/11) mendatang, minggu (03/10/2019).

Pramusrenbangdes ini Di pimpin oleh ketua BPD Yopi yoning, Di hadiri kepala desa dan perngkatnya, Badan permusyawaratan desa (BPD), lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), Tim pengerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (TP. PKK), karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda pendamping lokal desa (Pld), Bripka Ade Yudi.A Babinkantibmas, Sugianto Babinsa palas aji.

Narasumber kepala desa palas aji herri susanto dan PLD M.Sidik, adapun usulan masing- masing dusun yaitu disampaikan oleh kepala dusun (kadus).

Kadus Dusun 1 (Satu) Basarudin, menyampaikan usulan hasil musayawarah dusun (musdus) yang di laksanakan pada tanggal 22 september 2019 yaitu pembangunan jembatan kali pisang, langsung badan jalan rabat beton sepanjang 100m, titik nya di antara rumah Harudin dan Suparman karena sangat penting dan kami mendukung sorga desa
Harapan kami agar usulan kami dapat terialisasi.

Kadus Dusun 2 (dua) Solihin menyampaikan usulan hasil musdus pada tanggal 22 september 2019
Pertama Jogingtrek sarana olah raga, bangunan ondaerlah tembus pematang baru terletak di dusun 2 seberang sawah, yang ke tiga rapat beton jalan diseberang jembatan menuju tanggul PU.

Kadus dusun 3 Nuhri Efendi menyampaikan hasil musdus pada tanggal 22 septembar 2019 ada 6 poin yang pertama Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan pagarnya, Tpt lapangan sepak bola, Puskesdes, Rabat beton jalan tani 4 di sawah, Drenase menuju dusun 3, Gapura perbatasan dengan desa bangunan.

Kadus Dusun 4 Sutrisno menyampaikan hasil musdus tgl 22 september 2019 ada 4 usulan yaitu pertama Rabat beton gg famili sepanjang 80m, drenase jalan mangku alam panjang 1500m, Drenase gang smu, Drenase gang saburai (lapangan) usulan ibu – ibu penambahan pagu kegiatan PKK

Herri Susanto selaku Kades palas aji setelah selesai pramusrenbang menyampaikan kepada media ini bahwa pramursenbang ini di laksanakan hasilnya nanti akan di bawa ke musrenbangdes pada hari rabu mendatang, dan hari ini langsung pembentukan Tim penyusun rencana kerja pembangunan desa (RKPDes) Tim 11(sebelas).

Terdiri dari kades selaku pembina, sekdes selaku ketua, ketua LPM selaku sekertaris, dan delapan anggota dari segala unsur tokoh agama, unsur masyarakat, unsur perempuan, unsur pemuda.

” Saya akan prioritaskan pembangunan sorga desa, bisa terlaksana di tahun 2020 ini karena program ini bisa menujang pendapatan masyarakat, dan sarana olahraga pemuda dan anak- anak supaya bisa mengurangi kegiatan yang negatif (banyak main HP) ,” pungkas Herri.

Kesimpulan pramusrenbangdes yang akan di bawa ke musrenbangdes yaitu
1. Pembangunan sarana olah raga (surga) desa anggaran Dana Desa ( DD )
2. Pembangunan Jalan dan jembatan di dusun satu di anggarkan dari dana desa
3. Pemasangan jalur listrik di sawah untuk pengairan sawah melalui mesin Sibel di anggarkan dari dana APBDes
4. pembangunan rabat beton jalur 4
5. Pembangunan Rabat beton gang family

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.