Wakili Bupati ROR, Sekda Frits Muntu Buka Penyuluhan Informasi Diskominfo

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Bupati Minahasa diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R Muntu SSos membuka secara resmi Sosialisasi Penyuluhan Penyelenggaraan Informasi yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minahasa pada Kamis 14 November 2019 di Aula Zaitun Sumalangka, Tondano.

Kegiatan yang diawali dengan Laporan Kepala Dinas Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi ini diikuti oleh para pejabat Eselon III utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan di Minahasa.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Frits Muntu mengatakan bahwa penyebarluasan informasi yang bersifat penyuluhan bagi masyarakat ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi.

Selain itu, menurut Muntu kegiatan ini untuk memperluas akses informasi melalui peyebarluasan informasi dan mendorong tumbuh kembangnya informasi masyarakat secara mandiri sebagai wahana informasi.

“Penyebarluasan informasi merupakan penyampaian tentang perkembangan dan pembangunan serta dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat. Dalam rangka menunjang perwujudan indonesia yang demokratis serta masyarakat yang peduli dan memahami informasi, maka masyarakat perlu diberdayakan dalam hal penyebarluasan informasi secara demokratis guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan kebijakan pemerintah” kata Sekda Muntu.

Ditambahkannya, penyebaran informasi ini untuk memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat, serta menjembatani masyarakat dan pemerintah daerah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

Lebih lanjut menurutnya bahwa penyebarluasan informasi bagi masyarakat merupakan revitalisasi dan reaktulsasi dari kelompok pengelola informasi dan komunikasi yang disesuaikan dengan paradikma Pembangunan dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan god governace.

Diharapkan Muntu, penyebaran informasi ini dapat memberikan informasi hasil pembangunan yang sedang atau sudah dilaksanakan oleh pemerintah, serta sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik.

“Pemerintah daerah mengharapkan kegiatan penyebarluasan informasi bagi masyarakat yang bersifat penyuluahan dan dapat memberikan pemahaman serta menyamankan persepsi dan juga menjadi salah satu solusi alternatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam berbagai sektor.” pungkasnya

Turut hadir oleh Sekdis Kominfo Dra Sonya Lolowang, Kabid Informasi Komunikasi Publik Jeffry Wauran SSos, Kabid Persandian dan Statistik Buslar Sanger SE, Kabid Teknologi anm dan Kabid E-Government Gogen Ngantung SE, menampilkan Nara Sumber Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulut Drs Philip Regar MS dan Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Komunikasi Publik Ir Adi Palit.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.