10 Residivis Narkoba Dikendalikan 4 Orang Napi Lapas, 1 Orang Tewas Tertembak

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkap sindikat pengedar narkoba yang dikendalikan sejumlah narapidana (napi) dari Lapas Banceuy dan Lapas Garut.

Sepuluh orang tersangka termasuk 4 napi yang mendekam di Lapas Banceuy dan Lapas Garut, dibekuk petugas satu persatu sejak Minggu (15/12/2019) sampai Jumat (20/12/2019).

Satu orang tersangka yakni TR (37) terpaksa ditembak mati petugas karena mencoba melawan dengan senpi rakitan jenis revolver.

TR yang dibekuk di Bandung, mengaku masih memiliki narkoba di sebuah rumah di Cakung, Jakarta Timur.

Karenanya petugas membawa TR ke rumah yang dimaksud di Cakung. Namun di sana, TR justru mengambil senpi rakitan dan hendak menembak petugas.

Akhirnya petugas mengambil tindakan tegas dan menembak mati TR.

Selain TR, sembilan tersangka lain yang dibekuk di Jakarta, Bandung dan Garut, adalah AS (24), MRM (30), DA (36), YR (36) Alias Black, J (27), serta YSB dan AB yang merupakan napi di Lapas Banceuy, dan YCL serta H yang merupakan napi di Lapas Garut.

Dari tangan mereka disita narkoba jenis ganja sebanyak 10 kg, sabu 3.284 gram atau 3,2 Kg, serta ekstasi sebanyak 263 butir. Juga diamankan satu pucuk senpi rakitan jenis revolver berikut 6 butir peluru, timbangan digital dan 14 HP.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan terungkapnya kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang menyebutkan adanya peredaran narkoba di wilayah Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

“Di sana petuyas mengamankan tersangka AS, setelah dilakukan penyelidikan,” kata Yusri dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Minggu (22/12/2019).

Dari AS, petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tiga pelaku yakni MRM, DA dan YR alias Black di sebuah rumah di Jalan Siliwangi Residence, Bandung.

“Dari mereka dilakukan pengembangan dan diketahui narkoba jenis ekstasi mereka didapat dari 2 napi di Lapas Banceuy, Bandung,” kata Yusri.

Petugas kemudian mengamankan dua napi di Lapas Banceuy, Bandung yakni YSB dan AB yang mengendalikan MRM, DA dan YR.

“Dari keterangan tersangka napi AB di Lapas Banceuy, mereka memiliki jaringan di Lapas Garut,” kata Yusri.

Kemudian petugas membekuk J di Jalan Babakan Irigasi, Bandung dan mengamankan tersangka YCL dan H dari lapas Garut.

“Dari keterangan napi yakni tersangka YCL, ia memiliki kaki tangan yang tinggal di Jalan Sukarasa, Kota Bandung yakni TR. Kemudian petugas membekuk TR di sana,” kata Yusri.

Dari keterangan TR tambah Yusri, yang bersangkutan mengaku memiliki narkoba jenis sabu dan ekstasi yang disimpan di rumah kontrakan di Jakarta Garden City Boulevard, Cakung Jakarta Timur.

“Petugas kemudian membawa TR ke Cakung untuk menunjukkan narkoba yang dimaksud. Namun di sana TR justru mengambil senpi miliknya dan melakukan perlawanan ke petugas,” kata Yusri.

Karenanya kata Yusri, petugas melakukan tindakan tegas dengan menembak TR hingga tewas. “Sebelumnya petugas sempat memberikan tembakan peringatan dua kali. Namun tersangka TR tetap melawan, hingga akhirnya diambil tindakan tegas terukur dan menembak yang bersangkutan,” kata Yusri.

Tersangka TR kata Yusri meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kabagops Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Yohanes Kindangen mengatakan pihaknya masih mendalami kembali jaringan ini karena diduga kuat masih ada operator atau pengendali diatas mereka.

“Bahkan sangat mungkin pengendalinya juga, adalah napi di Lapas. Yang pasti kami masih terus mendalami jaringan ini dan tak berhenti sampai di sini saja,” katanya.

Karena perbuatannya kata Yohannes untuk para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) UU RI 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Dengan ancaman maksimal pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 Miliar dan paling banyak Rp10 Miliar,” katanya.

Penulis : Khnza
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.