BPBD OI Gelar Do’a dan Yasinan

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Sebagai bentuk syukur atas kinerja yang telah dilaksanakan atas pananggulangan bencana Karhutla di Ogan Ilir.Badan Pananggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Ilir gelar yasinan dan do’a bersama,bertempat di Kantor BPBD OI,Jum’at (13/12) di Jalan Lintas Timur Km 35 Indralaya.

Kepala BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Jamhuri SSos mengatakan bahwa sepanjang 2019 ini tercatat sekitar 13.730 hektar lahan terbakar di bumi Caram Seguguk.Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding luasan lahan yang terbakar selama 2018.

“Dibanding tahun kemarin ada peningkatan karena iklim cuaca yang panas luar biasa, karena selama 40 hari tidak ada intonasi hujan yang turun,” ungkapnya.

Akibat musim panas yang cuku panjang, menyebabkan bencana Karhutlah di tahun 2019 meluas. Sehingga tidak hanya mengalami kerugian lahan, tapi juga menyebabkan asap yang pekat di sejumlah wilayah.

Terlepas dari hal tersebut, pihaknya menilai jika saat ini Masyarakat Pecinta Api (MPA) yang berisi partisipan dari masyarakat sudah cukup profesional dalam menghadapi bencana Karhutlah. Sehingga, luasan lahan yang terbakar tidak besar seperti Kabupaten lain.

“Mereka sudah bisa menggunakan alat untuk menangani bencana Karhutlah yang kecil. Untuk yang besar pun, mereka mengedepankan koordinasi kepada kami BPBD Ogan Ilir, agar cepat ditangani,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berterima kasih kepada unsur yang terlibat membantu penanganan Karhutlah. Seperti Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI, masyarakat dan lain-lain.

Ke depan, pihaknya telah menyiapkan langkah strategis untuk mencegah terjadinya bencana Karhutlah di 2020 mendatang. Yaitu melakukan langkah untik mencodet atau membuka aliran sungai dari beberapa aliran sungai di Ogan Ilir, menuju sungai Keramasan yang melewati 5 Kecamatan di Ogan Ilir.

“Seperti Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Selatan, Indralaya Utara, Indralaya Selatan dan Indralaya. Karena 80 persen dari titik rawan Karhutlah di Ogan Ilir ada di 5 Kecamatan tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Sy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.