Gubenur AAL Giatkan Binsat dan Bintradisi Dalam Rangka Hari Dharma Samudera

Spread the love

Jurnalline.com, (Surabaya) –
Selama bulan Trisila, dari tanggal 5 Desember sampai dengan 15 Januari 2020 dan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2020, Gubenur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda (TNI) Edi Sucipto, S.E., M.M. menggiatkan Pembinaan Satuan (Binsat) dan Pembinaan Tradisi (Bintradisi) di AAL. Hal ini, guna mendukung perintah lisan dan disposisi Kepala Staf Angkatan Laut pada naskah Sarasehan PPAL tanggal 29 Mei 2019 kepada seluruh pemimpin TNI AL.

Binsat dan Bintradisi dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera di AAL ini, bagi prajurit, PNS dan Taruna AAL melaksanakan Perintah Harian Sifat Tetap (PHST) dan kehidupan tradisi harus mencerminkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman disiplin serta hierarki dan kehormatan militer.

Menurut pantauan saat ini di AAL, bulan Trisila yang mengambil tema “Dilandasi Nilai-Nilai Trisila TNI AL Kita Bangun SDM Unggul Prajurit Matra Laut Profesional”, pada pagi ini, anggota tetap di Akademi Angkatan Laut, baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) melaksanakan pembinaan satuan, berupa Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan upacara penaikan bendera di lapangan Banda AAL, Bumimoro Surabaya, Senin (9/12).

Selain melaksanakan PBB, PPM dan upacara bendera, di Stadion Jala Krida Mandala AAL Bumimoro Surabaya, dalam rangka Ujian Akhir Semester juga dilaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Batre “A”, yaitu lari selama 12 menit dan Batre “B”, yaitu pull up, sit up, push up dan shuttle run oleh Taruna Taruni Tingkat IV Korps Suplai dan Marinir serta Taruna Tingkat ll Korps Pelaut, Teknik, Elektro, Suplai dan Marinir. Sebelumnya, tanggal 8 Desember 2019 kemarin, di kolam renang Jala Krida Tirta Bumimoro Surabaya, juga telah dilaksanakan tes Garjas olahraga renang bagi Taruna dan Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-65.

Binsat dan Bintradisi di AAL, pada dasarnya sudah rutin dilaksanakan oleh anggota tetap dan Taruna AAL. Beberapa Binsat dan Bintradisi di AAL tersebut, adalah pelaksanaan apel satuan, jam komandan, pelaksanaan apel pagi dan apel siang, pelaksanaan apel giat olahraga pagi, pelaksanaan tugas devisi jaga, pelaksanaan latihan peran, PBB, PPM, PDD, lomba tradisi satuan dan lain-lain.

Trisila TNI AL sebagai pedoman pola pikir, pola sikap dan pola tindak prajurit TNI AL, memiliki rumusan dan makna, yaitu Disiplin berarti anggota TNI AL mentaati segala peraturan dan tata tertib berdasarkan kesadaran pengabdian; Hierarki berarti anggota TNI AL menempatkan diri dan bertindak sesuai dengan tata urutan kepangkatan, kedudukan dan jabatan di dalam organisasi dan pola pembinaan TNI AL dan Kehormatan militer berarti anggota TNI AL menjunjung tinggi nama baik Angkatan Laut dan negara dengan selalu berpikir, bersikap dan berbuat tanpa cela.

Pada pelaksanaan tes Garjas di Stadion Jala Krida Mandala, turut meninjau Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. didampingi Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. beserta segenap pejabat utama dan Komandan Denma AAL, serta Komandan Batalyon, Komandan Kompi dan Komandan Peleton Resimen AAL.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.