Lantamal VIII Peringati Hari Armada RI

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Danlantamal VIII diwakili oleh Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo bertindak selaku Inspektur Upacara dan Komandan Upacara (Danup) Mayor Laut (KH) M. Samuel Pontoh, S.I.P. dalam rangka Upacara memperingati Hari Armada RI Tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Mako Lantamal VIII, Kamis (05/12/2019).

Kegiatan diawali dengan Pembacaan Sejarah Singkat Armada Republik Indonesia dilanjutkan Upacara Hari Armada RI tahun 2019. Adapun tema yang diangkat “Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan”.

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E. M.M. yang dibacakan Irup, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan setiap tahun tentunya tidak dimaknai hanya sekedar sebagai sebuah kegiatan seremonial semata, karena hari Armada RI memiliki banyak arti penting bagi segenap prajurit Komando Armada RI dimanapun bertugas.

“Sejalan dengan pembangunan postur kekuatan Angkatan Laut maka diperlukan suatu konsep operasi dan gelar kekuatan Angkatan Laut yang optimal disertai oleh tingkat kesiapan operasional yang tinggi.” ujarnya

Untuk itu pemenuhan kekuatan pokok minimum pada Renstra berikutnya diarahkan pada perencanaan pembangunan kekuatan yang berbasis pada perpaduan antara perencanaan yang berdasarkan kemampuan (Capability Based Plan) dan berdasarkan ancaman (Threat Based Plan) dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran pertahanan Negara (Budget Based Plan).

“Berbicara tentang kesiapan operasional, tentunya dalam pembangunan kekuatan Angkatan Laut harus selaras dengan peningkatan profesionalisme yang diikuti dengan kesejahteraan prajurit.” tandasnya

Lanjut Sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk membangun sumber daya manusia yang unggul maka peningkatan profesionalisme prajurit juga menjadi prioritas utama TNI Angkatan Laut dalam Renstra kedepan.

Kegiatan diakhiri dengan acara syukuran dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit Lantamal VIII termuda, turut dihadiri Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Para Asisten Danlantamal VIII, Kadis/Kasatker Lantamal VIII, Prajurit Lantamal VIII, Yonmarhanlan VIII, Satrol Lantamal VIII, Lanudal Manado dan PNS Lantamal VIII.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Virly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.