Masih Dalam Bulan Trisila, Guspurla Koarmada II Laksanakan Pembinaan Satuan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – Masih dalam rangka Bulan Trisila TNI AL yang resmi dicanangkan pelaksanaannya awal Desember lalu oleh Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II tidak ketinggalan berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

Pembinaan satuan berupa kegiatan Apel Pagi, Jam Komandan Apel Siang adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Guspurla Koarmada II. Apel pagi anggota pada Kamis (26/12) yang diambil oleh Mayor Laut (P) Sigit di Markas Guspurla mengawali kegiatan yang mendapat penilaian dari Kolat Koarmada II. Begitu halnya dengan Jam Komandan dan Apel Siang tidak luput dari penilaian.

Sementara itu saat pelaksanaan jam komandan yang diisi oleh Asintel Guspurla Kolonel Laut (P) Jatiar Sinaga mewakili Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, disampaikan bahwa Bulan Trisila TNI AL merupakan kebijakan dari KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, yang dilaksanakan secara serentak oleh satuan TNI Angkatan Laut dari Sabang hingga Merauke sejak 5 Desember 2019 hingga 15 Januari 2020.

Guspurla lanjut Jatiar memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut, yang meliputi operasi tempur laut dan operasi amfibi baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

“ Untuk mendukung tugas pokok tersebut, pembinaan satuan dan pembinaan tradisi harus terus dilaksanakan dengan berpijak pada nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Trisila TNI AL, yakni Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Mililiter,” tutur perwira menengah dengan tiga melati di pundak tersebut.

Sementara itu nilai-nilai Trisila TNI AL yang terdiri dari Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer menurut Jatiar dapat dijabarkan sebagai berikut , Disiplin yakni anggota TNI AL mentaati segala aturan dan tata tertib berdasarkan kesadaran untuk mengabdi. Sebagai indikatornya yakni tanggung jawab, tepat waktu, sungguh-sungguh tertib dan cakap. Berikutnya Hierarki yakni anggota TNI AL harus dapat menempatkan diri dan bertindak sesuai strata kepangkatan, kedudukan dan jabatan dalam organisasi.

“Untuk yang terakhir yakni Kehormatan Militer, adalah menjunjung tinggi nama baik Angkatan Laut dan negara dengan selalu berpikir, bersikap dan bertindak atau berbuat tanpa cela. Yang ditandai dengan sikap jujur, patriotik, berani, unggul serta gigih dari seorang prajurit,” tegas Jatiar.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.