Patroli Perbatasan RI Dengan Cassa TNI AL, Danguspurla Pastikan Keamanan Wilayah Perbatasan Jelang Tahun Baru

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – Menggunakan pesawat Cassa milik TNI AL, Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo memimpin langsung patroli udara maritim di perairan Selat Makassar dan Kalimantan.

Patroli udara tersebut guna memastikan jika wilayah perairan yang termasuk kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia ini aman jelang pergantian tahun baru 2020.

Menurut Danguspurla, adanya patroli udara maritim amat sangat membantu kapal-kapal TNI AL yang sedang melaksanakan operasi di wilayah perbatasan NKRI-Malaysia dari berbagai aksi ilegal.

“Patroli udara maritim ini bertujuan untuk mengamankan perairan wilayah NKRI dari tindakan-tindakan ilegal di laut, juga potensi kerawanan terhadap penyelundupan narkoba khususnya yang terjadi di wilayah ALKI II dan perairan perbatasan Indonesia-Malaysia,” jelas Rahmat, sapaan karib Danguspurla Koarmada II.

Rahmat juga mengatakan mengapa Cassa dipilih untuk membantu patroli udara karena memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah mampu melaksanakan komunikasi secara langsung dengan unsur KRI maupun Pangkalan TNI AL yang terdekat untuk melaksanakan penindakan dan pemeriksaan obyek sasaran (kapal).

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.