Kapolda Metro Bersama Pangdam Jaya Dan Gubernur Tanam 1400 Pohon

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana bersama jajaran menanam 1.400 pohon di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020). Kegiatan tersebut sendiri bertujuan sebagai perkenalan diri Nana sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang kini didapuk sebagai Wakapolri.

“Pada kesempatan ini, sedikit saya perkenalkan diri saya selaku Kapolda Metro Jaya,” kata Nana dalam pidato sambutan acara penanaman 1.400 pohon.

Nana bersyukur, kegiatan sertijab dirinya dengan Kapolda Metro Jaya sebelumnya dapat berjalan dengan baik.

“Setelah mengikuti rangkaian sertijab dan resmi menjabat kapolda. Saya bersyukur selama rangkaian tersebut semuanya berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dia juga mengaku, hari Minggu esok dirinya akan ke NTB untuk mengadakan acara pisah sambut dengan Kapolda NTB yang baru.

“Minggu besok saya mau ke NTB, saya sebagai Kapolda di NTB, di Mataram Lombok, rencana besok berangkat, Senin laksanakan acara pataka kemudian pisah sambut, dan Selasa sudah kembali,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nana menyinggung, masalah banjir yang dihadapi pemerintah dan warga DKI Jakarta.

“Sambil lihat situasi, kita tahu masih dalam suasana bisa dikatakan darurat bencana banjir di DKI Jakarta. saya pikir beban kalau harus saya tuntaskan, agar saya tidak kepikiran lagi,” tegasnya.

Tidak lupa, secara singkat Nana memperkenalkan, para anggota keluarganya.

“Saya punya seorang istri yang saya ajak bertugas di Jakarta, kemudian saya punya 2 putri. Itu perkenalan saya,” tuturnya.

Upaya Penghijauan

Dalam kesempatan tersebut juga, Mantan Kapolda NTB tersebut, mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya preventif dalam menghadapi pemanasan global dan kemarau panjang di tanah air.

“Jadi memang tujuan kita menanam pohon ini merupakan upaya kita yang beberapa bulan sebelumnya dilanda pemanasan global, musim kemarau lama di indonesia,” ujarnya.

Nana menegaskan, kita semua harus yakin dengan upaya yang kita lakukan saat ini semuanya akan memberikan dampak yang maksimal.

“Semakin banyak penghijauan daya serap pohon terhadap air akan semakin maksimal. Pohon juga serap polusi di Jakarta di mana polusi cukup darurat. Banyak pohon, CO2 bisa banyak diserap,” tandasnya.

Sebagai salah satu aparat dalam tiga pilar pemerintahan daerah, Nana menghimbau, agar Pemda, TNI, dan Polri mau mengajak peran serta masyarakat untuk menanam pohon.

“Kita aparat pemerintah, TNI, Pemda, dan Polri bisa beri yang terbaik dan ajak masyarakat tanam pohon. Bisa di halaman, sama lurah atau kades ada lahan kosong kita tanami, itu akan bermanfaat bagi lingkungan,” sarannya.

Dirinya juga berterima kasih, kepada Dinas Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LH KLHK) RI yang telah bekerjasama dengan Polda Metro Jaya menyukseskan kegiatan penanaman 1.000 pohon ini.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih ke dinas LH KLHK, dalam hal ini membantu kerjasama dengan Polda Metro Jaya. Saya juga ucapkan terima kasih kepada panitia, Kapolres dan forkoppinda sudah bekerjasama demi terlaksana program ini,” pungkasnya.

Penulis : Khnza
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.