Babinsa Koramil 01/Tenggarong Cek Peternakan Ayam Potong

Spread the love

Jurnalline.com, Tenggarong – Babinsa Bendang Raya Koramil 01/Tenggarong Kodim 0906/Tgr, Sertu Sarikudin melaksanakan Binter dalam mendapatkan data dan inforrmasi mengenai Geo, Demo, dan Konsos yang ada diwilayah binaannya dengan melaksanakan anjangsana ke tempat pemilik peternakan ayam potong H Rudi di Desa Bendang Raya, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat, 28/02/2020.

Dalam pertemuannya babinsa menanyakan tentang pengelolaan tata ruang tempat pemeliharaan kandang ayam potong dengan lingkungan pemukiman hal ini guna mencegah timbulnya sentimen masyarakat terhadap keberadaan kandang ayam potong yang akan minimbulkan munculnya banyak lalat dan bau udara yang tidak enak sehingga akan berdampak pada ketidaknyamanan lingkungan dan akan mengganggu kesehatan masyarakat. Disisi lain pemilik ternak menyampaikan usaha yang dilakukannya karena ketersediaan lahan yang diperuntukan sebagai lahan model kawasan rumah pangan lestari yaitu dengan menggiatkan usaha produksi ternak ayam potong dan setiap 1 ( satu ) kandang diisi +32 ribu ekor ayam, tercapainya kebutuhan pangan akan meningkatkan kesejahteraan dan nilai tambah ekonomi sehingga sangat dimungkinkan akan terwujudnya ketahanan pangan.

Keberadaan kandang ayam jauh dari pemukiman warga dan terletak di jln Bendang Raya Desa Bendang Raya Kec. Tenggarong, upaya yang dihadapi untuk menjaga kebersihan kandang adalah dengan melakukan pemeliharanaan, perawatan dan penyemprotan kandang ayam selama 3X sehari dalam seminggu dengan maksud guna untuk mencegah munculnya beberapa lalat dan menghilangkan bau udara yang tidak enak, karena terpeliharanya kandang tersebut dengan baik sehingga masyarakat dapat menerimanya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.