Kodam XIII/Merdeka Terima Kunjungan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Universitas Pertahanan

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Kodam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan Menerima Kunjungan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Universitas Pertahanan bertempat di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka Manado, Rabu (26/02/2020).

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang M.M., M.Tr(Han) Dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa Kodam XIII/Merdeka merupakan kodam yang dibentuk kembali setelah sempat dilikuidasi pada tahun 1985.

Seiring berjalannya perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, yakni untuk memenuhi postur Minimum Essential Force (MEF) TNI serta posisi Kodam XIII/Merdeka yang memiliki daerah yang berbatasan langsung dengan negara Filipina.

Menurutnya Sulut yang memiliki kerawanan ancaman eksternal terkait infiltrasi kelompok radikal, pencurian ikan, illegal trafficking dan penyelundupan narkoba, senjata bahkan manusia maka Kodam XIII/Merdeka dihidupkan kembali pada tanggal 20 Desember 2016 lalu.

“Oleh karena itu pada tanggal 20 Desember 2016 Kodam XIII/Merdeka kembali diaktifkan sebagai kotama yang memiliki peran penting untuk mengatasi berbagai masalah di daerah perbatasan seperti pengaruh kelompok radikal, pencurian ikan, illegal trafficking, penyelundupan narkoba, senjata hingga perdagangan manusia.” Ujar Pangdam

Lebih lanjut Pangdam sampaikan bahwa program Kunjungan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) ini bisa menjadi analisa strategis di bidang pertahanan wilayah Kodam XIII/Merdeka, dimana ancaman masa depan tidak hanya sebatas peran modern, tetapi juga berbasis teknologi serta konflik sosial, separatisme, terorisme dan bencana alam.

“Oleh sebab itu Pangdam XIII/Merdeka mengharapkan para mahasiswa pascasarjana Unhan mampu menjadi akademisi yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.” imbuhnya

“Harapan Kami tentunya, para mahasiswa pascasarjana Universitas Pertahanan mampu menjadi kader-kader akademisi yang mendukung kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia” Harap Pangdam

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Mayjen TNI Dr. Hipdizah, S.Adm., M.Si, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan, Kasdam XIII/Merdeka, para pembina/pendamping Kunjungan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Unhan, Irdam XIII/Merdeka dan para Asisten/Kabalak Kodam XIII/Merdeka.

Penulis : EffendyV.Iskandar
Editor : Ndre
Autentifikasi:
Kapendam XIII/Merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.