Pemkot Tangerang Adakan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Pabuaran Tumpeng

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengadakan pelayanan administrasi kependudukan untuk masyarakat sehari jadi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Jum’at (14/2/2020). Meliputi pelayanan pembuatan KTP, KK, KIA, Akte Lahir dan lain-lain.

Camat Karawaci, Tihar, SE., M.Si., kepada wartawan mengatakan, Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini, lantaran menurut dia pada saat kejadian bencana banjir kemarin beberapa wilayah khususnya Karawaci, warga banyak yang administrasinya kerendam dan rusak.

“Alahmdulillah semua sudah terlayani, di Kecamatan Karawaci sendiri kegiatan ini sudah dilaksanakan di 2 kelurahan, sebelumnya di Kelurahan Nambo Jaya yang lokasinya memang terkena dampak bencana banjir cukup parah,” ujar Tihar.

Selaku Camat Ia berharap, seluruh masyarakat memiliki identitas pribadi. “Ini untuk bukti Administrasi sebagai kepemilikan dan pelayanan kedepan yang lebih baik,” ucapnya.

Sementara, Kadisdukcapil Kota Tangerang, Rina Hernaningsih saat meninjau pelaksanaan kegiatan itu mengatakan, bahwa kegiatan pembuatan Administrasi Dokumen Kependudukan di Kelurahan Pabuaran Tumpeng ini, dalam rangka HUT Kota Tangerang ke-27, dan dilaksanakan di 27 Kelurahan se-Kota Tangerang.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memudahkan masyarakat, untuk membuat dokumen kependudukan tanpa harus ke kantor Disdukcapil,” kata Rina.

Rina menjelaskan, pembuatan Dokumen Kependudukan sehari jadi yakni, KK, KIA dan Akte Kelahiran. Sedangkan KTP, untuk sementara hanya diberikan Surat Keterangan (Suket).

“KK, KIA dan Akte Kelahiran Sehari jadi, Kalau KTP menyusul, belum bisa hari ini tapi kita berikan Suket,” ujarnya.

Rina menyebut, tidak bisa dicetaknya e-KTP langsung lantaran pengiriman blangko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke Disdukcapil bertahap.

“Blangko ini kan sedang kami tunggu dari kementerian dalam negeri, sekarang diberinya bertahap. Mudah mudahan dalam waktu dekat bisa dikirim ke kami,” tukasnya.

Masih kata Rina, untuk pencetakan e-KTP tergantung pada pendistribusian blangko dari Kemendagri. Menurut dia, jika mendistribusianya cepat mencetaknya juga cepat.

Salah satu masyarakat Pabuaran Tumpeng, Gusnur mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Tangerang, yang memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan tanpa harus jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil.

“Terimakasih saya ucapkan kepada Pemkot melalui Disdukcapil, Alhamdulillah anak saya yang disabilitas dan sudah berumur 21 tahun, dengan adanya palayanan ini, kini sudah memiliki identitas (KTP) hanya dengan datang kekelurahan,” ucapnya singkat.

Penulis : Trisno
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.