PWI Ogan Ilir Kembali Gelar UKW

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Puluhan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang bertugas di Kabupaten Ogan Ilir ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW),Senin (24/2) bertempat di LPMP Indralaya.

Uji Kompetensi Wartawan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan Profesionalitas wartawan.Menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.Menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil intelektual.Menghindari penyalahgunaan profesi wartawan dan Menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Uji Kompetensi Wartawan ini diikuti sebanyak 24 orang yang terdiri dari empat kelas.Tiga Kelas merupakan UKW berstatus anggota tingkat Muda,sementara satu Kelas yakni peningkatan status anggota Muda menjadi anggota tingkat Madya.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan Ogan Ilir ini di gelar selama dua hari 24-25 Pebruari 2020.

Adapun tim penguji UKW adalah para Senior Wartawan yang sudah menyandang predikat UKW tingkat Utama dan dari Dewan Pers Jakarta.

Bagi wartawan yang di nyatakan lulus dari UKW akan mendapatkan kartu UKW dan Sertifikat UKW yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Ketua Dewan Pers Pusat.

Selaku Ketua Pelaksana Gusti M.Ali menyampaikan dan berharap kedepan tidak ada lagi jurnalis yang hanya menyandang kartu wartawan, namun tidak memiliki tulisan atau berita, baik di media cetak, elektronik maupun online. Dan semua peserta lebih memahami apa itu 5W+1H dan kode etik jurnalis, serta UU 40 Tahun 1999 tentang pers dan PDPRT organisasi PWI,”singkatnya.

Penulis : Sy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.