Antisipasi Potensi Bencana, Koarmada II Gelar Latihan SAR

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – Dalam rangka menjaga kesiapan prajurit dalam melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam di Indonesia, Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto memimpin paparan rencana Latihan Pencarian dan Penyelamatan SAR (Search And Rescue) Koarmada II Ta. 2020, di Rupat Panglima Koarmada II Surabaya pada Senin sore (02/03).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwan Kusumah, sebagai pemapar mengatakan bahwa maksud dan tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personel dan material yang dimiliki TNI AL, dalam upaya membantu pencarian dan penyelamatan korban bencana alam.

“ Sekaligus kita juga memberikan gambaran tentang perencanaan, persiapan dan pelaksanaan latihan SAR Koarmada II, sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi pemimpin dalam mengambil keputusan lebih lanjut tentang penyelenggaraan latihan tersebut,” ujar Dansatsel.

Sementara itu menanggapi paparan yang disampaikan panitia, Panglima Laksda Heru Kusmanto menyarankan kepada panitia untuk mematangkan lagi rencana kerja yang sudah dibuat mengingat pentingnya latihan SAR tersebut.

“ Pertolongan SAR boleh dibilang adalah Operasi Militer Selain Perang yang dilakukan TNI AL khususnya Koarmada II. Selama ini bersinergi dengan Polri dan instansi terkait lainnya, kita sering membantu para korban bencana alam maupun musibah lain seperti kapal tenggelam atau jatuh di laut. Karenanya saya harap panitia benar-benar mempersiapkan dengan baik latihan SAR yang bernilai penting ini,” tegas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Ikut hadir dalam rapat tersebut antara lain Kepala Staf Laksma TNI Iwan Isnurwanto, Danguspurla Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, serta para pejabat teras utama dan kasatker Koarmada II.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.