Bupati ROR Ajak Warga Masyarakat Intens Jaga Kesehatan Diri Dari Wabah Virus Corona

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Gerakan pencegahan wabah virus corona atau Covid-19 gencar digalakkan Pemerintah Kabupaten Minahasa., Meski belum memiliki kasus positif, berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini terus dilakukan pemerintah di seluruh pelosok Minahasa.

Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring M.Si mengatakan, beberapa hari terakhir ini petugas kesehatan dibantu instansi terkait rutin melakukan pemeriksaan dan pemantauan untuk setiap orang yang baru datang ke wilayah kabupaten Minahasa, terutama bagi mereka yang baru tiba dari luar negeri.

“Tim medis didampingi pemerintah kecamatan langsung mengunjungi rumah dari warga yang baru tiba Minahasa.”imbuh Bupati

Menurutnya Prosedur pencegahan awal yang kita lakukan yaitu pengecekan suhu tubuh meski tidak ada gejala penyakit, mereka tetap mendapatkan pengawasan ketat Jadi mereka diberi himbauan untuk mengisolasi diri sendiri di rumah selama 14 hari kemudian nanti akan dipantau perkembangan kesehatannya oleh tim medis,” tandas Bupati RO Roring Sabtu (21/03/2020).

Menjadi tugas semua pihak, tak hanya pemerintah namun juga terus menggiatkan upaya sterilisasi publik, dengan penyemprotan cairan disinfektan di tempat keramaian umum masyarakat, tempat ibadah dan kantor pemerintah.

“Memaksimalkan layanan tempat cuci tangan Disinfektan di lokasi umum dan penyaluran air-air bersih di wilayah yang membutuhkan, upaya tersebut diharapkan bisa mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19.” tandasnya

Menambahkan Pemerintah tak henti-hentinya menghimbau kepada warga masyarakat, agar supaya memahami Social distancing.

“Larangan adanya perkumpulan dan keramaian itu tujuannya untuk kebaikan kita bersama, karena resiko penyebaran virus di tempat ramai sangat tinggi. Satu orang yang terinfeksi saja bisa dengan cepat menulari banyak orang. Jadi diharapkan masyarakat menaati anjuran dan himbauan pemerintah yang sudah disampaikan,” tegas Bupati.

Pemerintah Kabupaten Minahasa akan semakin memaksimalkan langkah pencegahan untuk membendung penyebaran wabah virus corona. “Namun bila social distancing tidak dilakukan sungguh-sungguh, usaha preventif dengan penyemprotan, pemakaian masker dan cuci tangan hasilnya tidak akan maksimal.”

“Jadi sekali lagi dibutuhkan kesungguhan semua pihak untuk taat memberlakukan social distancing. Sayangi diri kita dan orang-orang disekitar kita. Kita percaya upaya ini akan mampu mencegah penyebaran virus corona. Ingat, hasil tidak pernah mengkhianati usaha,” pesan Bupati.

Penulis : EffendyV.Iskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.