LantamalVIII Promosi Kesehatan Cegah Penyebaran Virus Corona

Spread the love

Jurnalline.com,Sulut – Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas melalui Aspers Danlantamal VIII Letkol Laut (KH) Dadan, S.Ag., M.Pd., CTMP melaksanaka acara Promosi Kesehatan Deteksi Dini, Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, bertempat di Balai Prajurit Yonmarhanlan VIII/Btg Jl. Sam Ratulangi No. 45 Kel. Bitung Tengah, Kec. Maesa kota Bitung.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung yang diikuti Personel Guskamla Koarmada II, Satrol Lantamal VIII, Yonmarhanlan VIII/Btg, Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung, anggota KRI Mandau-651 dan undangan unsur-unsur kemaritiman kota Bitung.

Danlantamal VIII dalam sambutannya yang dibacakan oleh Letkol Laut (KH) Dadan, S.Ag., M.Pd., CTMP. mengatakan bahwa penyebaran virus Corona adalah masalah yang mendapat perhatian serius dari Pemerintah termasuk pimpinan TNI/TNI AL,

“Hal ini sebagai Upaya pencegahan yang membutuhkan dukungan masyarakat. Membiasakan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan secara benar serta mengkonsumsi makanan sehat yakni sayur-sayuran dan buah-buahan,serta memakai masker bagi yang sakit lewat kegiatan ini dapat memberikan pencerahan dan deteksi dini guna mencegah penyebaran Covid-19.”tukasnya

Adapun Diketahui penyebaran Virus Corona (Convid19) berasal dari bahasa Yunani yaitu Crown (Mahkota), dengan masa inkubasi virus ini selama 2 s/d 14 hari melalui ruang isolasi guna memantau/mengawasi si pasien yang terkangkit.

Sementara itu dr. Ellen Pingkan Sendow, Sp.PD. dari Dinas Kesehatan Kota bitung telah mengeluarkan buku pedoman kesiapsiagaan dari Corona virus untuk itu kenapa kita harus heboh dengan Covid-19 padahal sekitar 26.283 pasien meninggal karena kanker, 24.641 pasien meninggal karena jantung dan 4.300 karena diabetes mellitus serta 2.740 pasien meninggal hanya karena nyamuk malaria sedangkan micro bakteri TBC dalam lagu Killing My Sofly belum bisa kita pecahkan.” tandas dr. Ellen Pingkan Sendow, Sp.PD.

Acara tersebut disambut dengan antusias oleh para peserta setelah dibuka sesi dialog interaktif dimana kepala KSOP kota Bitung Bp. Mursidi memberi penjelasan tetang penanganan pasien di Pelabuhan kapal dari luar negeri ABK baru bisa turun bila sudah melewati masa isolasi yaitu selama 14 hari seijin KSSOP bersama Kepala dinas kesehatan kota Bitung dr. Jeanet yang telah menyiapkan Tim Reaksi Cepat yang bekerja standby 24 jam.

Disela sela kegiatan dipandu secara bergantian menjawab pertanyaan masing masing oleh Danyonmar Harlan, Kapten Mar David, Serda Anam dan peserta lainnya tentang cara penanganan pasien korona di wilayah pelabuhan bitung.

Acara ditutup dengan pembagian vitamin kepada seluruh peserta turut dihadiri Aspers Danlantamal VIII (Letkol Laut (KH) Dadan, S.Ag, M.Pd, CTMP) mewakili Danlantamal VIII, Aslog Guskamla Koarmada II (Kolonel Laut (T) Binsar Siahaan, S.T.,M.M). Dansatrol Lantamal VIII (Kolonel Laut (P) Djoko Prijatin), Danyonmarhanlan VIII/Btg (Letkol Marinir Nandang Permana Jaya S.E), Karumkital dr. Wahyu Slamet Bitung (Letkol Laut (K) drg. I Wayan Tapayasa, Sp. KGA), Kadiskes Lantamal VIII (Letkol Laut (K) drg. Suhartono, Sp. KG), Kepala KSOP kota Bitung (Bpk. Marsidi), Kepala KKP kota Bitung (dr. Pingkan M Pijoh, MP.HM) di wakili dr. Frans Mintardjo, GM. Pelindo IV Kota Bitung (Bpk. Ending Wahyu), Kepala Beacukai kota Bitung, Kadiskes kota Bitung (dr. Jeanet).

Penulis : EffendyV.Iskandar
Editor : Ndre
Sumber : Penal VIII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.