Pahami Prosedur Kelaikan Laut, Perwira Koarmada II Ikuti Workshop Kemhan Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikan Laut Militer Tingkat I

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL.Koarmada II – Sebagai salah satu bentuk penyiapan personel penyelenggaraan kelaikan militer dalam rangka menjamin kualitas produk, fasilitas produk dan konstruksi serta fasilitas harkan sarana pertahanan ,Koarmada II mengirimkan lima orang perwira dari beberapa satuan kerja untuk mengikuti workshop Peningkatan keahlian Inspektur Kelaikan Laut Militer Tingkat I yang diadakan oleh Pusat Kelaikan Kemhan.

Workshop yang dilaksanakan di Hotel Holiday Inn Express Surabaya ini, diikuti sekitar 35 orang perwira dari berbagai kotama TNI AL di Jakarta dan Surabaya dan juga dari satuan matra lain yakni TNI AD. Mereka akan mengikuti kegiatan yang direncanakan akan berlangsung hingga 13 Maret 2020 mendatang.

Sejumlah praktisi profesional di bidang perkapalan dari dalam maupun luar negeri, dihadirkan sebagai instruktur dalam workshop tersebut. Seperti perusahaan klasifikasi asal Eropa DNV GL, juga dari ITB dan ITS. Dalam salah satu sesi para peserta juga berkesempatan mengunjungi Lab Hydrodinamika di ITS dan praktek di PT.PAL Indonesia (Persero).

Sementara itu Kapuslaik Kemhan Laksma TNI Teguh Sugiono saat membuka acara tersebut mengatakan, seiring dengan perubahan / validasi organisasi Puslaik Kemhan seperti yang tertuang dalam Permenhan 14 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemhan, dimana tugas dari Puslaik adalah menyelenggarakan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unit operasi Kemhan di bidang sertifikasi rancang bangun, kelaikan produk, sistem jaminan / manajemen mutu fasilitas produk dan konstruksi serta fasilitas pemeliharaan / perbaikan sarana pertahanan matra darat, matra laut dan matra udara serta sertifikasi kualifikasi personel untuk penyelenggaraan kelaikan militer.

“ Penyelenggaraan Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikan Laut Militer TK I ini, tentunya para peserta diharapkan mampu memahami terhadap prosedur kelaikan sehingga keselamatan dalam pelaksanaan tugas dapat terlaksana dengan hasil yang optimal, “ terang Laksma Teguh.

“Kepada para peserta, saya ucapkan selamat belajar dan berlatih. Dengan harapan agar apa yang kalian peroleh nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga kerja keras yang dilaksanakan baik oleh panitia penyelenggara, para peserta maupun para instruktur dapat memberikan kontribusi yang positif di masa yang akan datang,” tandas Laksma Teguh kepada peserta.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.