Anggota DPRD Kabupaten Lamsel, Meminta Pemerintah Daerah Memberikan APD di Seluruh Puskesmas

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan — Dua anggota DPRD lampung selatan lakukan Tinjauan di dua puskemas kecamatan katibung guna mengecek perlengkapan Alat pelindung diri (APD) dan Masker untuk penanganan virus corona (covid-19) diwilayah setempat, kamis (03/04/2020).

Dua anggota DPRD lamsel tersebut yakni Farizal Purba dari Fraksi partai Gerindra dan Joko purnomo dari praksi gabungan (partai hanura), Mereka telah berkoordinasi dengan petugas kesehatan di puskemas Tanjung agung dan peskesmas rawat inap katibung.

Pada kunjungan tersebut, tersampaikan sejumlah keluhan dari tenaga medis tentang kurangnya APD dan Masker sehingga perlu adanya penambahkan APD untuk tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penganan virus berbahaya itu, mereka (farizal dan joko) menilai tenaga medis yang ada dipuskesmas dikecamatan katibung telah bekerja maksimal sesuai ketentuan yang ada.

“Di Puskesmas Tanjung agung ada 10 orang tenaga medis dengan cuma 2 APD dan Puskesmas rawat inap katibung, tenaga medisnya berjumlah 50 orang sedangkan APD-nya cuman 2, untuk masker hanya di beri 10 box, pada dua peskesmarm”ucap Farizal.

” Dua puskemas itu sudah dibantu masker yang sekali pakai sebanyak 10 box, itu masih sangat kurang, idealnya setiap Puskesmas diberi 50 sampai dengan 100 box, bila ada pasien batuk pilek, bisa diberikan masker supaya tidak menular kepasien lainya,”lanjutnya.

Menurut Farizal, perlu adanya segera penambahan APD supaya kinerja tenaga medis makin maksimal dalam penangan covid – 19.

” Karena tenaga medis ini adalah garda terdepan yang bersentuhan langsung ketika menangani pasien terjangkit virus Corona, tugas kita untuk melengkapi kebutuhan perlengkapan medis,”ujarnya.

Kepada pemkab dan dinas kesehatan Lamsel, Farizal meminta supaya memberikan tambahan APD, anggaran makan dan minum untuk tenaga medis di dua puskesmas kecamatan katibung tersebut, karena mereka menjalan kan pelayanan Dengan sistem shift, oleh karena nya asupan makanan sehari-hari mereka arus tercukupi 4 sehat 5 sempurnanya.

” Karena mereka ini garda terdepan kalau mereka tidak sehat, bagaimana mereka mau membantu masyarakat, mereka harus tetap sehat dan kita harus support untuk memperhatikan mereka terutama makanan tambahan supaya stamina mereka tetap terjaga,”Pinta Farizal

Lebih lanjut Farizal juga menerangkan, bahwa dipuskesmas Rawat Inap Katibung terdapat 123 jiwa ODP dan 131 jiwa ODP pada Puskesmas Tanjung agung, Ia melihat ada kereatif dari tenaga medis puskesmas tanjung agung dengan pembuatan APD seperti baju dari bahan Plastik.

” Saya harap pemkab segera menyalurkan APD untuk puskesmas di 17 kecamatan, Bila perlu Dana CSR dari perusahaan dialihkan untuk pengadaan Masker berbahan kain, jangan sampai tenaga medis yang ada sampai terjangkit Virus berbahaya ini, bila ini terjadi, maka kita akan mengalami krisis tenaga medis,”tandasnya.

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.