Cegah Penularan Covid-19 , KRI Keris-624 Perketat Patroli Terhadap Kapal Asing Yang Melintas Di Perairan Ambalat

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL.Koarmada II – KRI Keris-624 dari jajaran Satuan Kapal Cepat atau Satkat Koarmada II, memperketat pengawasan di titik-titik perlintasan di laut yang sering dilalui oleh kapal asing yang melintas di sepanjang perairan Ambalat, perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia.

“Ini dilakukan untuk mencegah apabila ada aktivitas lintas batas antar negara yang sangat berpotensi menularkan covid-19, terlebih Pos Lintas Batas RI-Malaysia di Pulau Sebatik kini sudah ditutup,” kata Komandan KRI Keris Letkol Laut (P) Iwan Iskandar, disela patroli, Selasa (7/4).

Iwan menambahkan jika aktivitas lintas batas yang dimaksudnya adalah adanya aktivitas ilegal ,yang diwaspadai berpotensi menularkan virus global tersebut ke Indonesia. “Ilegal fishing, atau kedatangan TKI dari Malaysia yang sedang lockdown dengan cara ilegal adalah bagian dari aktivitas ilegal yang dikhawatirkan menjadi pintu masuk covid-19 ke Indonesia,” imbuh Iwan.

Iwan juga menjelaskan jika patroli yang dilakukan bersama prajuritnya ini adalah bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang diperintahkan kepadanya oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto melalui Gugus Tempur Laut Koarmada II. Sebab kini KRI Keris adalah salah satu kapal perang TNI AL yang berada dibawah kendali operasi Guspurla, yang dikomandani oleh Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo tersebut.

Sementara itu demi keamanan dan kesehatan pribadi, Iwan selalu menekankan kepada seluruh prajurit KRI Keris agar saat melaksanakan tugas-tugas operasi, mereka mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam mencegah penularan corona virus.

“Saya selalu mengingatkan mereka untuk mematuhi protokol kesehatan saat patroli dan tugas lainnya, seperti wajib gunakan masker, jaga jarak fisik antar personel, cuci tangan sesering mungkin dan pengecekan suhu tubuh sebelum beraktivitas. Satu lagi yakni menjaga agar mereka tetap tenang dan semangat menghadapi pandemi ini, ‘’ujar Iwan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.