Di Puncak Latihan Tim SAR Laut Koarmada II Bantu Evakuasi Heli Yang Mendarat Darura

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – Sebuah helikopter dilaporkan mengalami kerusakan mesin sehingga harus melakukan pendaratan darurat di sekitar perairan Selat Madura, pada Rabu (01/3). Mendapat laporan tersebut, tim SAR Laut Koarmada II segera tanggap menyiapkan bantuan evakuasi.

Dipimpin langsung Dansatgas Kolonel Laut (T) Eduard Simbolon, yang kesehariannya sebagai Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II, tim Dislambair dan Diskes menuju lokasi kejadian sebagai upaya penyelamatan awal. Sementara itu tim darat menyiapkan unsurnya guna evakuasi para korban menuju rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan.

Evakuasi laut berhasil dilaksanakan oleh tim dari KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Soputan-923 kemudian diserahkan kepada tim darat menuju ponton gurita sebagai upaya pelaksanaan EMU menuju RSAL. Pergeseran menuju area helipad ke RSAL tersebut menggunakan Heli Bolco dari tim Puspenerbal. Untuk selanjutnya tim Laut KRI Pulau Rupat-712 melaksanakan evakuasi pencarian wreck heli atau kantong udara.

Kejadian diatas adalah skenario simulasi kegiatan latihan SAR laut tahun 2020, yang telah dilaksanakan di lapangan. Kegiatan latihan berjalan aman, lancar, sesuai prosedur keselamatan yang telah ditetapkan atau _Zero Accident_.

“Manuver lapangan telah dilaksanakan sesuai rencana. Semoga hasil yang dicapai mampu meningkatkan profesionalisme prajurit Koarmada II dalam memberikan pertolongan pencarian dan penyelamatan bilamana terjadi kecelakaan maupun hal darurat lainnya di laut,” ujar Eduard, sapaan karib Kadislambair ini.

Eduard lantas menambahkan jika latihan dilaksanakan dengan mematuhi aturan kesehatan terhadap pencegahan penularan virus corona. “Kita tetap memberlakukan aturan kesehatan dalam latihan, yakni pengecekan suhu seluruh personel yang terlibat, _Privacy Distancing_, penyediaan sarana cuci tangan dan pembatasan jumlah personel yang terlibat,” pungkas Eduard.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.