Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat Adalah Milik Pemerintah

Spread the love

Jurnalline.com, RSD Wisma Atlet Kemayoran (Jakarta Pusat) – Rumah sakit yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo pada tanggal 23 Maret 2020 adalah rumah sakit Khusus yang menangani penyakit Corona Virus Disease yang terkenal saat ini dengan sebutan Covid-19, Sabtu, (25 April 2020)

Adanya wabah penyakit corona yang awalnya dari Wuhan China, penyakit yang sangat membahayakan dan cepat menular, maka Indonesia segera tanggap darurat mendirikan rumah sakit khusus yang berada di wilayah kemayoran Jakarta Pusat dengan nama Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Wisma Atlet ini semula digunakan oleh para atlet manca Negara pada saat pelaksanaan Asia Game tahun 2018.

Dengan kedaruratan tersebut maka pemerintah membentuk gugus tugas gabungan yang terdiri dari beberapa kementerian, TNI dan Polri yang dipimpin oleh kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo selaku ketua gugus tugas penanganan covid-19.

Khusus rumah sakit darurat ini hanya menangani pasien ringan hingga sedang tetapi bila ada yang sakit berat maka pasien akan dirujuk kerumah sakit yang lengkap di wilayah DKI. Mengingat rumah sakit darurat ini belum memiliki alat yang lengkap untuk penanganan pasien.

Wisma Atlet ini memiliki tujuh tower dan saat ini baru satu tower yang digunakan yaitu tower tujuh untuk menampung pasien, sedangkan tower empat, lima dan enam sedang dipersiapkan untuk dikembangkan apabila pasien tak kunjung menurun jumlahnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Autentikasi : Wapangkogasgabpad RSD Wisma Atlet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.