Darurat COVID-19, Kodim 0507/Bekasi Lakukan Donor Darah Usai Berbuka Puasa

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya (Bekasi) – Kodim 0507/Bekasi, bekerja sama dengan RSPAD Gatot Subroto melaksanakan bakti sosial donor darah dalam rangka membantu mengatasi ketersediaan darah selama penangan covid-19 Tahun 2020 di Ruang Kantor Kasdim 0507/Bekasi, Jln.Veteran Kel. Margajaya, Kec.Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu, (13/05/2020) malam pukul 19.00 Wib.

Komandan Kodim 057/Bekasi Kolonel Inf.Rama Pratama.M.Si.(Han) mengungkapkan, sebagai bentuk kepedulian TNI, prajurit Kodim 0507/Bekasi membantu RSPAD Gatot Subroto dalam ketersediaan stok darah yang akhir-akhir alami kekurangan stok di Bank Darah diseluruh Jabodetabek.

“Apalagi saat ini, kita sedang menghadapi wabah virus COVID-19, yang sewaktu-waktu ada pasien yang membutuhkan darah maka lebih baik kita antisipasi sebelum terjadi kekosongan darah untuk membantu masyarakat,” ujar perwira tiga melati di pundaknya itu.

Menurut Dandim Bekasi, kegiatan ini kali ketiga dalam kurun covid-19 dan hari ini sebanyak 25 personel Kodim 0507/Bekasi dilibatkan donor darah guna mengisi kekurangan stok darah di unit transfusi darah (UTD) RSPAD Gatot Subroto. Para calon pendonor darah harus melalui pemeriksaan kesehatan, sesuai dengan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah, di tengah wabah COVID-19.

Ketersediaan darah di unit transfusi darah (UTD) setiap wilayah harus tetap tersedia meskipun itu jumlahnya tidak sebanyak dengan sebelum terjadi kasus corona. Sebanyak 25 prajurit TNI Kodim 0507/Bekasi saat melakukan donor darah. Kegiatan sosial donor itu untuk disumbangkan ke RSPAD Gatot Subroto sesuai mengantisipasi kekurangan stok darah di RSPAD Gatot Subroto.

Petugas RSPAD Gatot Subroto yang sekaligus Koorlap dr. Dentiama mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0507/Bekasi atas partisipasinya dalam menyumbangkan darah.

Dikatakan, darah saat ini memang kurang di RSPAD Gatot Subroto akibat virus Corona, karena diberlakukan social distancing, sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah dan permasalahan seperti ini pasti dialami oleh semua termasuk Kota Bekasi

“Kami sangat berharap, instansi lain selain Kodim 0507/Bekasi, untuk ikut menyumbangkan darahnya sehingga stok darah selalu tersedia, dalam situasi wabah corona sekali pun,” ujarnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pendim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.