Kasal Resmikan Lima Sarana Prasarana Komando Armada III

Spread the love

Jurnalline.com, Sorong – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., meresmikan lima sarana dan prasarana Komando Armada III melalui video conference di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/5).

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasastri tersebut dihadiri Wakasal Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., bersama seluruh pejabat utama Mabesal, sedangkan Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., mengikuti peresmian tersebut di Markas Panglima Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, sementara Pangkoarmada I di Mako Koarmada I Jl. Gunung Sahari Jakarta dan Pangkoarmada II di Ujung Surabaya.

Sejumlah sarana dan prasarana Koarmada III yang diresmikan tersebut berlokasi di Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, yakni Dermaga Salawati Koarmada III, Gedung Markas Panglima Mako Koarmada III, Masjid Baiturrahman dan Masjid Albarkah Koarmada III serta Gereja Oikumene Koarmada III. Pada kesempatan yang sama, Kasal juga meresmikan operasional Lanal Ketapang, Masjid Al Ihsan Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, Dermaga Lanal Banten, Dermaga Lantamal XIII Tarakan, dan lapangan tembak pistol Mabesal.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan, saat ini, ancaman yang bersifat militer atau dari suatu negara telah berkembang dan berubah bentuk dan prosesnya.

Sangat kecil kemungkinan invasi suatu negara ke negara dengan menggunakan kekuatan militernya. Sehingga saat ini, kita mengenal adanya ancaman asimetris, proxy maupun ancaman siber. Di sisi lain, ancaman nir militer semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitas. Bencana alam, terorisme, polusi dan wabah penyakit mengambil porsi lebih banyak untuk diberikan perhatian lebih oleh kita. Seperti kita ketahui bersama, saat ini seluruh negara di dunia bekerja sama dan berusaha untuk menemukan vaksin terhadap pandemi Covid-19.

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dan aturan-aturan sebagai tindakan pencegahan dan pengurangan meluasnya area dan warga negara yang terdampak dan terjangkit Covid-19.

Dalam situasi seperti saat ini, kita sebagai aparat pemerintah harus tetap mendukung dan tetap menjalankan proses organisasi TNI AL melalui berbagai usaha yang efektif dan optimal. Perencanaan strategis yang sudah kita canangkan tetap harus berjalan dengan memperhatikan skala prioritas. Postur pertahanan negara dalam bentuk minimum essential force (MEF), termasuk formulasi postur TNI AL ke depan tetap menjadi pedoman kita dalam mengembangkan kekuatan dan kemampuan TNI AL. Postur ini akan menjamin perlindungan terhadap kepentingan nasional dan siap tanggap terhadap segala kontijensi terutama yang berasal dan terjadi mandala maritim. Diharapkan postur ini juga akan mampu menjawab tugas dan misi yang diemban oleh TNI AL terutama dalam pembinaan kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu.

Kekuatan KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) kita tingkatkan, sarana dan prasarana dermaga kri kita tambah, dan fasilitas gedung perkantoran kita lengkapi. Selain itu, kesejahteraan prajurit juga menjadi perhatian utama pemerintah. Dalam meningkatkan dan menjaga moril dan mental prajurit, kita juga bangun fasilitas kegiatan agama secara bertahap.

Dengan diresmikannya pengoperasionalan fasilitas Lanal ketapang dan fasilitas TNI AL dapat menjadi kemajuan pentahapan pembangunan TNI AL menuju postur yang ideal. Dalam hal kesejahteraan prajurit, pembangunan Masjid Baiturrahman dan Al-Barokah di Sorong, Masjid Al-Ihsan di Mentigi, dan Gereja Oikumene di Koarmada III diharapkan dapat memberikan dukungan pada pelaksanaan kegiatan agama dan pembinaan mental prajurit tni angkatan laut.

Pembangunan dermaga Salawati di Koarmada III, dermaga Lanal Banten, peningkatan dermaga Lantamal XIII Tarakan, gedung Mako Koarmada III dan gedung Mako Lanal Ketapang akan memperkuat SSAT dalam hal dukungan pangkalan. Kemudian pembangunan lapangan tembak Antares di Mabesal akan digunakan untuk melatih ketrampilan menembak bagi prajurit TNI AL di lingkungan Mabesal.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.