3 Pendaki Gunung Dempo Alami Hipotermia

Spread the love

Jurnalline.com, Pagaralam (Sumsel) – 3 orang pendaki mengalami Hipotermia saat melakukan pendakian di Gunung Dempo Pagaralam Sumatera Selatan, Ahad (21/6) Pukul 02.00 Wib.

Kepala Basarnas Sumatera Selatan Hery Marantika,SH.M.Si menjelaskan disaat tenga malam, ketiga korban mencoba melakukan pendakian di Gunung Dempo yang terletak di Kota Pagaralam Sumatera Selatan ketiga orang tersebut mengalami Hipotermia dan salah satu teman korban menghubungi anggota Polres Pagaralam untuk meminta bantuan penanganan Medevac. Selanjutnya anggota Polres menghubungi Pos SAR Pagaralam.

Sekitar Pukul 9.15 Wib,Tim Rescue Pos SAR,anggota Polres Pagalam langsur meluncur kelokasi kejadian.Tim tiba pada pukul 15.15 Wib dengan menggunakan Rescue Carrier Pos SAR Pagaralam dengan estimasi waktu tempu selama 6 jam dengan asumsi Kecamatan Alut Darat 20 s/d 30 km/jam dan jalan kaki 0,6 Km/jam dengan cuaca angin 10 Km/jam arah tenggara dan jarak pandang 6 Km.

Sementara jarak radial 267.29° timur
Jarak :17 Km dari Pos SAR Pagaralam menuju Pos Pantau Rimau & 3 Km dari Pos Pantau Rimau ke LKK. Total jarak 20 Km menuju titik koordinat lokasi kejadian.

Adapun alat Yang digunakan adalah 1 Unit Rescue Carrier Pos SAR Pagaralam,1 Set peralatan Mountenering Pal. Navigasi,Pal. Komunikasi. Pal. Medis dan Pal. Evaks.

Sementara Unsur yang terlibat dalam evakuasi ini yaitu Tim Rescue Pos SAR Pagaralam 4 Orang,anggota Polres Pagaralam 2 Orang,BPBD Pagaralam 4 Orang,Relawan Rebah 5 Orang,Relawan D-Tiem 4 Orang
Keluarga Korban 5 Orang dan pihak
RS Besemah 3 Orang.

Di katakan Kasarnas Sumsel untuk sementara ini pihaknya segera melakukan evakuasi terhadap ketiga korban yang mengalami Hipotermia di saat akan mendaki Gunung Dempo Pagaralam.Semoga Tim SAR dapat berhasil melakukan evakusi terhadap ketiga korban.

Berdasarkan data Korban Hipotermia yang dapat di himpun Basarnas Sumsel di Gunung Dempo Pagaralam yaitu 1.Sintia Umur (19) Alamat Jl. Kuruni Akip Kelurahan Tambak Ulas Kecamatan Pagaralam Selatan kota Pagaralam.
2.Putri (17) Alamat Jl. Kuruni Akip Kelurahan Tambak Ulas Kecamatan Pagaralam Selatan Kota Pagaralam
3.Imel Umur (17)Alamat Jl. Kuruni Akip Kelurahan Tambak Ulas Kecamatan Pagaralam Selatan Kota Pagaralam.

Penulis : Sy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.