Dapat Dukungan Alat PCR Swab Test, Rumkital Lantamal VI Siap Jadi Rujukan Pasien Covid-19

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Jala Ammari Lantamal VI Makassar, dibawah jajaran Koarmada II, akan mendapatkan perlengkapan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab Test dari Mabes TNI AL. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, saat pelaksanaan Video Conferance (Vicon) yang dihadiri oleh seluruh Kepala Rumah Sakit TNI AL dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Senin (08/06)

Kepala Rumkital Jala Ammari Letkol Laut (K) Budi Santosa mengatakan, bahwa alat PCR yang diberikan nantinya akan digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19 , yakni dengan mendeteksi material genetik virus SarsCov-2 dari pasien yang diduga terinfeksi virus SarsCov-2.

” Kedepannya alat pemeriksaan PCR swab test tersebut selain untuk mendukung pemeriksaan bagi personel lantamal VI, juga dapat menjadi rujukan pemeriksaan bagi seluruh kesatuan TNI AL di wilayah Indonesia Timur serta masyarakat umum,” ujar Budi Santosa.

Budi menambahkan, adanya bantuan alat tersebut amat mendukung upaya Lantamal VI dalam menindaklanjuti instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dimana seluruh satuan TNI AL di jajaran Koarmada II agar mampu berperan secara maksimal mendukung pemerintah menekan meluasnya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Sementara dalam Vicon tersebut, Kasal menyampaikan beberapa arahan diantaranya peningkatan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 bagi personel dan anggota keluarganya. Selanjutnya penyiapan fasilitas isolasi dengan memanfaatkan mess di lingkungan Lantamal dan penyiapan fasilitas rumkit. Yang terakhir apresiasi kepada Lantamal VI atas penggunaan gelang tiga warna untuk mengidentifikasi risiko terpapar Covid-19.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.