Lucky Kasenda : Konsep Desa Berdaya Ditengah Badai Covid-19

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Cerdas dalam menghadapi Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19), ini yang dilakukan oleh Pemerintah desa Kanonang satu lewat gerakan kerja tunjang program pertanian dan ketahan pangan di Desa siap hadapi pandemi Covid – 19.

Hukum Tua Desa Kanonang Satu Lucky Kasenda, saat diwawancarai wartawan media jurnalline.com di rumah kediamannya belum lama ini menyampaikan guna memberikan rasa aman di masa pandemi corona virus desease (Covid-19), masyarakatnya terus di bimbing lewat program pemberdayaan masyarakat mengoptimalkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diterimanya sehingga dapat memberikan keuntungan dalam memenuhi Kebutuhan Pokok sehari hari salah satu Konsep Desa Berdaya Ditengah Badai Pandemi Covid-19.

“Dengan dibukanya Pasar Rakyat ‘Vorvolg’ desa Kanonang satu ini, akan hal hasil bumi masyarakat dapat di jual langsung ke masyarakat dengan memanfaatkan teknologi untuk dipasarkan lewat offline maupun online.” ujar Kasenda

Adapun dari 30 keluarga penerima BLT – DD warga masyarakat Kanonang satu setelah melalui hasil musyawarah tim independent desa dimana ke 30 warga penerima BLT-DD ini diperuntukan kepada terdampak seperti lanjut usia (Lansia), Keluarga sakit menahun, warga Disibilitas. sementara 80 kepala keluarga yang masih produktif tidak mendapat dan diarahkan pada usaha pertanian dalam hal ketahanan pangan.

“Pemerintah desa dalam hal ini telah membuat Konsep dan program Desa Berdaya Ditengah Badai Covid-19, merupakan salah satu point yang dipaparkan Hukum Tua Kanonang satu Bpk.Lucky Kasenda saat melakukan Webinar bersama Sekjen Kemendes PDT Bpk. Anwar Sanusi, diikuti Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring, M.Si, IPU Asean.Eng dan pembicara lainnya dari Universitas Sam Ratulangi Manado.” urai Kasenda

Dalam hal memaksimalkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Pemerintah Desa Kanonang Satu dengan membuka Pasar Rakyat ‘VorVolg’ dengan mematuhi Protokol Kesehatan antisipasi penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Lanjut Hukum Tua desa Kanonang Satu Lucky Kasenda, bekerja seiring dengan visi misi Bupati Dr Ir Royke Oktavian Roring, M.Si dan Wabup Dr Robby Dondokambey SSi MM.

Menuju Minahasa yang semakin hebat, berbudaya berdaya saing dan sejahtera bagi masyarakat yang tidak menerima BLT – DD dan tergolong usia produktif diarahkan untuk program desa dan ketahanan pangan pertanian.

“Dengan menggunakan pembiayaan di mulai dari pekerjaan pembiayaan pembelian pupuk, bibit dan upah pekerja menjadi harapan ke 80Kepala keluarga produktif akan semakin berkembang menjadi pebisnis di desanya dua dan tiga bulan kedepan bisa menikmati hasil panen untuk memperkuat ketahanan pangan didesa dan pada intinya agar stimulus perekonomian desa tetap berjalan akan muncul Kader – kader Fisik yang produktif didesa untuk membangun desanya semakin berkembang, sejahtera maju berkembang Indonesia Maju, Sulut Hebat, Minahasa Hebat.”

“Jadi pemberdayaan masyarakat harus terus dibina sehingga akan terus memberi dampak kepada masyarakat sehingga difasilitasi untuk dapat jadi pebisnis masa depan seiring perkembangan teknologi.” pungkasnya

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.