Pelajari Counter Meassure Library, Peserta Latihan Praktek Kacaukan Radar Kapal Musuh

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL.Koarmada II – Di hari ke-3 pelaksanaan Latihan Keterampilan Electronic Counter Measure (ECM) Radar TW III TA 2020, para peserta berkesempatan mengikuti latihan praktek di KRI Diponegoro (DPN-365) dan KRI R.E Martadinata (REM-331) yang sedang sandar di Dermaga Madura Timur Koarmada II, Rabu, (17/06/2020).

Sebanyak 33 peserta yang terdiri dari Perwira pertama, Bintara dan Tamtama menerima materi Counter Meassure Library (CML), yaitu pengisian bahasa program yang digunakan untuk mengacaukan sistem radar kapal musuh.

Dalam latihan tersebut, di-skenariokan kapal pen-Jamming atau pengacau berhasil menjamming sistem radar kapal musuh dengan mengacaukan sinyal radarnya. Tentu saja kondisi ini merugikan dan membahayakan bagi sebuah kapal perang bilamana sistem radarnya telah dikacaukan.

Untuk itu, penting bagi setiap peserta latihan untuk mengetahui teknik mengacaukan (jamming) radar maupun melawannya apabila radar kita yang dikacaukan musuh.

Ditempat terpisah, Kadiskomlek Koarmada II Kolonel Laut (E) Ady Sucipto berharap latihan ini dapat membuat personel pengawak radar menjadi lebih profesional. “Dengan latihan ini didapatkan pengawak ECM Radar yang mampu mengaplikasikan di lapangan dalam rangka mewujudkan TNI AL yang berkelas dunia,” tandasnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.