Tingkatkan Kesiagaan Terhadap Ancaman Udara, KRI Sultan Hasanuddin-366 Latihan Bersama Dengan Kapal Perang Jerman

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – KRI Sultan Hasanuddin-366 dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, dan helikopter Dauphin HR-3601 yang tergabung dalam satuan gugus tugas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVII-L/UNIFIL tahun 2019 Lebanon, melaksanakan beberapa materi latihan bersama dengan unsur-unsur kapal perang MTF UNIFIL lainnya di _Area Of Maritime Operation_ (AMO) di perairan Lebanon, Senin (01/06).

Serial latihan yang dilaksanakan kali ini adalah_Anti Asymetric Warfare Exercise (AASYWEX) 005 Low Slow Flyer (LSF)_ ,bersama dengan FGS Ludwigshafen Am Rhein F 264 salah satu kapal perang milik Jerman. Tujuan utama latihan adalah untuk meningkatkan kemampuan unsur terhadap situational awareness semua penerbangan yang melintas di wilayah operasinya, dalam upaya mengantisipasi adanya kemungkinan ancaman asimetris dari pesawat udara dengan ketinggian dan kecepatan rendah (_Low Slow Flyer/LSF_).

Latihan dilaksanakan dalam 3 tahap dimana tiap tahap melaksanakan _Air Warning Procedure_, dengan tingkat kesulitan dan jenis ancaman yang berbeda.

“ Secara keseluruhan latihan yang menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam ini dapat berjalan aman dan lancar. Dengan adanya latihan ini diharapkan dapat menjaga tingkat kesiapsiagaan personel unsur-unsur MTF dalam menghadapi ancaman nyata berupa LSF di daerah medan operasi,” ujar Letkol Laut (P) Ludfy, Dansatgas MTF TNI Konga XXVII-L/UNIFIL usai latihan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.