Dukung Ketahanan Pangan Nasional Puslatdiksarmil Kodiklatal Manfaatkan Lahan Kosong

Spread the love

Jurnalline.com, Juanda Sidoarjo – Banyak cara untuk mendukung ketahanan pangan Nasional, salah satunya dengan memanfaatkan lahan kosong seperti yang dilakukan prajurit Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) dengan bercocok tanam dan pembuatan Kolam Ikan, Minggu, (19/7).

Pemanfaatan lahan kosong kesatrian Puslatdiksarmil Kodiklatal ini sebelum dilaksanakan penanaman tanaman diawali dengan menggemburkan lahan terlebih dahulu oleh prajurit Pislatdiksarmil.

Setelah dilaksanakan penggemburan baru di dilaksanakan penanaman tanaman seperti singkong, ketela rambat, pisang serta sayur mayur diantaranya sawi, kangkung, terong dan bayam.Sedangkan dalam pembuatan kolam para prajurit Puslatdiksarmil selain menggali di lahan yang kosong juga memanfaatkan kain terpal agar air tidak habis meresap.

Menurut Komandan Puslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Mar Suherlan, S.E., M.M., M.Sc bahwa pemanfaatan lahan kosong disekitar kesatrian Puslatdiksarmil ini dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional akibat merebaknya virus corona yang hingga saat ini belum ada perkembangan.

Selain itu pemanfaatan lahan kosong ini menindak lanjuti perintah Komandan Kodiklatal agar disetiap Satuan kerja di bawah Kodiklatal mendukung program pemerintah dibidang pangan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai tanaman dan sayuran serta pembudidayaan ikan air tawar.

Danpuslatdiksarmil ini juga menyampaikan bahwa tanaman sayuran tersebut lebih mudah dalam penanaman dan perawatannya sehingga tidak menyita waktu saat bekerja para prajurit Puslatdiksamil.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.