Masuki Hari Ke-4, Peserta Latihan Binpuan Aparat Teritorial Laksanakan Praktek Latposko

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Sejak dibuka secara resmi oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Koarmada II Kolonel Laut (P) Eka Prabawa pada Senin (29/6) lalu, para peserta Latihan Pembinaan Kemampuan Teritorial Apter TNI Tersebar TA 2020 hari ini melaksanakan praktek Latposko di Gedung P. Masalembo Kolat Koarmada II, Kamis (02/07/2020).

Dalam praktek tersebut, para peserta memerankan situasi seperti saat penugasan. Misalnya berperan menjadi Danlantamal V dan staf sebagai penyelenggara latihan. Kemudian sebagian ada yang berperan menjadi Danlanal Batu Poron dan Staf sebagai pelaku latihan Pos dan Komando (Latposko).

” Latihan ini selain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Komandan dan Staf Lanal dalam merencanakan Operasi , serta Komando dan Kendali (Kodal) melalui mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf, juga diharapkan mampu merespon permasalahan bencana alam yang terjadi di wilayah dengan menerapkan Doktrin dan Protap yang berlaku secara baik dan benar dalam rangka membantu pemerintah daerah mengatasi gejolak sosial akibat bencana Pandemi Covid 19, ” terang Eka Prabawa.

” Agar tujuan dan sasaran latihan ini dapat tercapai dengan baik, terencana dan terarah secara maksimal maka setiap peserta latihan harus melaksanakannya dengan serius dan penuh tanggung jawab disertai semangat dan dedikasi, agar dapat memahami dan mampu melaksanakan sesuai prosedur yang benar saat berada di kondisi sebenarnya nanti, ” lanjut perwira menengah dengan tiga melati di pundak ini.

Rencananya pelatihan yang diikuti 34 peserta dari personel TNI AD ,TNI AL, dan TNI AU akan dilaksanakan hingga Jumat besok . Selama pelatihan berlangsung, seluruh peserta wajib mematuhi protokol kesehatan untuk menekan meluasnya penyebaran virus Covid-19.

Eka juga menambahkan jika pelatihan ini sesuai dengan arahan Pangkoarmada II, yakni sebagai salah satu komponen pertahanan negara, TNI harus selalu menjaga dan menyiapkan diri dalam setiap pelibatan guna membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul di masyarakat baik pada kondisi biasa, maupun kontijensi seperti pada kondisi pandemi covid-19 saat ini.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.