Pangkoarmada III: Media Massa Merupakan Mitra Strategis

Spread the love

Jurnalline.com, Sorong – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., mengatakan bahwa peran media massa sangat sentral sebagai pilar keempat demokrasi. Dengan demikian, media massa merupakan salah satu mitra strategis Koarmada III.

“Dalam tatanan kehidupan negara demokratis, kemitraan strategis antara TNI/TNI AL (Koarmada III) dan jajarannya dengan media massa perlu terus dibangun serta ditingkatkan,” kata Pangkoarmada III pada saat menerima kunjungan silaturahmi Ketua PWI Sorong Raya Lexi Sitanala di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (3/8/2020).

Pada kesempatan ini juga hadir Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, dan Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul kadir, M.A.P.

Menurut Pangkoarmada III bahwa Dinas Penerangan Koarmada III secara proaktif selalu memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan melalui mitra di media massa. Diharapkan bahwa keterbukaan penyediaan informasi ini dapat menjadi penangkal dan sebagai penyeimbang (chek and balance) dari pemberitaan yang dilakukan secara tidak proporsional oleh pihak-pihak tertentu.

Segenap personel Koarmada III dan jajaran memiliki tanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa, dengan tetap memperhatikan keamanan informasi dan rahasia militer. Berbagai kesempatan seperti kunjungan kerja ke redaksi media massa, media gathering, pelaksanaan press release, maupun interaksi tidak terjadwal antara media dengan Koarmada III merupakan peluang, sekaligus tantangan untuk melaksanakan tugas masing-masing secara sinergis.

Demikian strategisnya Koarmada III menjalin hubungan baik dengan media massa didasari oleh fakta, bahwa media massa tidak saja memberikan informasi, tetapi juga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk persepsi masyarakat mengenai arti penting legitimasi, dan keberhasilan tugas yang dilaksanakan oleh Koarmada III.

Medan tugas utama TNI AL adalah di laut yang tidak ditinggali secara permanen oleh manusia. Sangat sedikit warga masyarakat yang dapat menyaksikan secara langsung kegiatan operasi maupun latihan yang dilakukan TNI AL, dalam hal ini Koarmada III. Seringkali laporan yang disampaikan oleh media massa mengenai kegiatan TNI AL menjadi satu-satunya sumber informasi bagi masyarakat luas. “Untuk itu, Koarmada III membuka kesempatan seluas-luasnya bagi media massa untuk turut hadir dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Koarmada III,” ujarnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.