Anggota ASN Polda Sumsel Gelar Pelatihan Pemahaman Pencegahan dan Penanggulangan Pemadam Kebakaran

Spread the love

Jurnalline.com, Palembang Sumsel – Api besar berkobar menyala di halaman belakang Polda Sumsel , dengan sigap beberapa Personil dan ASN Polda Sumsel langsung mengambil karung dan memadamkan api yang berada di halaman belakang Polda Sumsel dalam waktu kurang lebih 5 menit api pun berhasil dapat dipadamkan.

Inilah salah satu sesi pelatihan Pemahaman, Pencegahan dan Penanggulangan pemadam kebakaran yang digelar pada hari Kamis, 27 Agustus 2020. Sebelum pukul 07.00 hingga Pukul 09.00 Wib para peserta pelatihan mendapat pembekalan tentang teori api dan anatomi kebakaran serta pengenalan sistem proteksi kebakaran.

Pelatihan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kebakaran Kota Palembang ini diikuti oleh Pejabat Utama, personil dan ASN Polda Sumatera Selatan,

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, S. MM yang diwakili Kabid Propam Polda Sumsel Kombes Pol Dedi Sofiandi mengatakan bahwa Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran, memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan, dan lain-lain.

Selain itu juga menindaklanjuti instruksi Kapolri pada surat telegram nomor : STR/ 507/ VIII/ PAM.3/ 2020 tanggal 24 Agustus 2020 untuk mengantisipasi seperti digedung Utama Kejaksaan RI.
Selain itu menurut Kepala Bagian Operasional Pemadam Kebakaran Kota Palembang Istranedi, SE,. MSI diadakan Pelatihan ini mengingat banyaknya gedung dan fasilitas yang ada di areal Polda Sumsel dan terjadinya Kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung pada 22 Agustus 2020 kemaren.

Kebakaran terjadi banyak dikarenakan 3 Hal :
1.Konselting Listrik
2. Kelalaian Manusia
3. Faktor Alam
Dari ketiga Hal tersebut kebanyakan kebakaran terjadi karena Kelalaian manusia seperti Lupa Mematikan Kompor dan lupa mematikan alat-alat listrik ketika meningggalkan kantor tanpa dicek terlebih dahulu.

Istranedi menambahkan bahwa apabila ada kebakaran diruang maka jangan panik, langsung ambil Ampar (alat Pemadam kebakaran) yang ada dimasing-masing ruangan. apabila tidak ada maka pakai karung atau handuk bekas yang sudah dikasih air sebelumnya, ‘pungkasnya.

Penulis : Dian
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.