Babinsa Koramil 0906-01/Tenggarong Bantu Petani Bawang Merah Bersihkan Gulma

Spread the love

Jurnalline.com, Tenggarong – Babinsa Desa Rapak Lambur Koramil 0906-01/Tenggarong Sertu Sarikudin melaksanakan kegiatan pendampingan petani membantu warga binaannya membersihkan rumput yang tumbuh di tanaman bawang merah di kebun Suyamto yang berada di Jalan Amilia, Rt. 33, Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (28/08/2020).

Kegiatan pendampingan kepada petani merupakan tugas babinsa demi terwujudnya Swasembada Pangan yang diProgramkan oleh Pemerintah dengan melibatkan TNI dengan Kementerian Pertanian.

Babinsa Sertu Sarikudin mengatakan bahwa tujuan dari pembersihan gulma ini adalah agar tanaman bawang merah bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis rumput yang merugikan dikarenakan tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang merah.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman bawang merah, diantaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan tanaman atau pembersihan gulma tanaman,” terangnya.

Komandan Koramil 0906-01/Tenggarong Kapten Inf Priyanto mengatakan bahwa sebagai TNI-Rakyat, seluruh prajurit harus benar-benar mengilhami dan meresapi kedekatannya dengan rakyat, yaitu dengan turun kelapangan dan ikut merasakan suka-cita sebagai pendamping yang betul-betul menjalani tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga rakyat pun benar-benar merasakan kedekatan secara emosional dengan pihak TNI sebagai pelindung dan pengayom bagi rakyat Indonesia.

“Sesuai dengan tugas yang telah dibebankan kepada para babinsa untuk mengawal keberhasilan Swasembada Pangan Nasional, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian diwilayah binaan, para babinsa harus mengetahui dan aktif, bukan hanya aktif dilapangan tetapi hal-hal yang bersifat tehnis serta teori tentang pertanian mereka harus tahu,” pungkasnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.