Tingkatkan Profesionalisme, KRI Pulau Rupat-712 Gelar Pengoperasian Pesawat PAP 104 MK IV

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Koarmada II, Surabaya – Guna meningkatakan profesianalisme prajurit dalam mengawaki Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), Komandan Satuan Kapal Ranjau Kolonel Laut (P) Cecep Hidayat memerintahkan prajurit KRI Pulau Rupat-712 untuk menggelar latihan serta pemanasan pesawat PAP 104 MK IV kepala Kamera yang dilaksanakan di kolam basin Koarmada II, Selasa (11/8).

PAP 104 MK IV merupakan kendaraan bawah air yang dimiliki KRI PRP-712, berfungsi untuk mengidentifikasi target atau ranjau yang terdeteksi oleh Sonar TSM 2022. Dalam tahap identifikasi, pesawat ini dilengkapi dengan kamera bawah air.

Selain berfungsi untuk identifikasi, PAP 104 MK IV juga berfungsi sebagai kendaraan untuk kepentingan netralisasi _(Mine Disposal Vehicle)_. Untuk kepentingan netralisasi, kendaraan ini mampu membawa BOM PAP seberat 126.5 Kg yang selanjutnya akan di _release_ dan didekatkan dengan target sampai dengan kedalaman 300 m.

Pengoperasian PAP 104 MK IV dapat dikontrol dari kapal melalui LCC _(Local Control Console)_ di buritan maupun MCC _(Main Control Console)_ di CIC. Pengendalian dari jarak jauh dengan menggunakan kabel _Coaxial_ sepanjang maksimal 1000 m.

Dansatran menyampaikan “Pelatihan yang dilaksanakan ini sebagai tindak lanjut dari himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dalam upaya mempertahankan kondisi teknis pesawat, juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit KRI PRP-712 sehingga mampu menjawab semua tuntutan tugas yang diberikan kedepan, khususnya dalam operasi peperangan ranjau”, pungkas Cecep – sapaan akrab Dansatran Koarmada II.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.