Anggota KKB Pimpinan Purom Wenda Menyerahkan Diri ke Satgas Yonif Para Raider 305 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Angggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Purom Okiman Wenda (POW), Senin (31/8/2020) menyerahkan diri kepada Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 305 Kostrad dan diterima langsung oleh Komandan Satgas Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si.

Penyerahan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu dilakukan di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, ditandai dengan penyerahan bendera merah putih dari Dansatgas kepada KKB yang menyerahkan diri, penandatanganan untuk keluar dari OPM dan bergabung dengan NKRI serta pernyataan Ikrar kesetiaan pada NKRI. Disaksikan oleh Kepala Distrik Balingga Bapak Endias Wenda dan perangkat desa diantaranya Kepala Desa Bapak Petrus Aso, Ketua Wilayah Bapak Kondes Wanena, Bapak Gembala Pendeta Teinus Wenda dan Pendeta Lebanos.

“Pada 31 Agustus 2020 telah dilakukan penyerahan diri empat orang kelompok Militan Purom Okiman Wenda beserta enam orang simpatisannya kepada Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 305 Kostrad di Lany Jaya,” kata Komandan Satgas Yonif Para Raider 305 Kostrad Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Selasa (01/09/2020).

Dikatakannya bahwa Empat dari 10 orang itu merupakan anggota KKB dan telah masuk dalam daftar pencarian orang. Mereka adalah Tabenak Wenda, Join Tabuni, Dekin Wenda, dan Bakar Wenda. Sementara enam lainnya merupakan simpatisan KKB, yakni Leis Tabuni, Telia Wenda, Kuku Tabuni, Wiro Wenda, Kondis Tabuni, dan Nendiles Wenda.

Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si., mengatakan, bahwa 10 orang itu pernah bergabung dengan KKB pimpinan POW, mereka telah mengikuti pelatihan militer di Markas OPM Soemalo.

“Kesepuluh orang tersebut juga mengakui bergabung dengan OPM karena diancam oleh POW dan dijanjikan akan memperoleh kehidupan yang lebih baik,” lanjut Dansatgas.

Pada acara penyerahan diri tersebut, diserahkan juga barang bukti berupa satu handy talkie, sebuah charger handy talkie dan satu rompi serbu yang pernah digunakan saat tergabung dalam KKB pimpinan POW.

Untuk diketahui, Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak/17/1 Kostrad yang memiliki tugas pokok menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kab. Lanny Jaya Papua sebagai bagian dari Koopsgab Pinang Sirih 2 sektor Baliem sebelumnya berhasil menurunkan 15 tokoh-tokoh kelompok Purom Okiman Wenda diantaranya Dangier Tabuni alias Yeri Maluk, Demiason alias Bursalek, Terenggak tabuni, Kulomabuk Wenda, Delikin Wenda, Dekiles Tabuni, Tumiron Wenda, Tumiles Wenda, Dekiren Tabuni, Vandem Wonda, Yuborak Telenggen, Delis Tabuni, Ibetius Tabuni, Neton Wendac alias Yali Mili Wenda, Bininggalok Wenda.

Penulis : Tram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.