Guna Meningkatkan Masyarakat Berkarakter Kodam Jaya/Jayakarta Gelar Wawasan Kebangsaan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap seluruh komponen bangsa, melalui wawasan kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, serta kemanunggalan TNI-Rakyat. Kodam Jaya/Jayakarta gelar pembinaan wawasan kebangsaan (wasbang) dalam rangka membentuk masyarakat yang berkarakter. (Kamis, 10/09/20).

Dalam sambutan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abduracham S.E., M.M yang dibacakan Asisten Teritorial Kolonel Inf Uyat S.I.P mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membina para generasi penerus bangsa dalam menghadapi era global saat ini, sehingga melalui program bidang pembinaan wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat tercapainya sasaran peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas, berjiwa pancasila, cinta tanah air dan bangsa yang berkarakter Patriotis, pantang menyerah dan memiliki daya saing yang tinggi demi kemajuan bangsa.

Tema yang diusung pada kegiataan pembinaan wawasan kebangsaan kali ini “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter dan Kebangsaan.

Pertemuan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, guna membangun komunikasi dialogis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk memelihara keharmonisan dan sinergitas,” tegas Pangdam Jaya.

Pangdam jaya menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Selanjutnya juga menegaskan, dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam suatu pembaharuan ini menjadi semakin penting untuk dicermati. Karena besarnya pengaruh budaya, pandangan hidup sistem politik, tata nilai dan sistem ekonomi yang berkembang dalam tata kehidupan masyarakat Indonesia.

Selain itu “Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik Bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang mempersatukan Bangsa dan Negara meliputi aspek ekonomi, politik, sosial budaya dan Hankam.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.