Wadan Kodiklatal Buka Latihan Penyusunan Naskah Latihan

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Surabaya – Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han) mewakili Komandan Kodiklatal secara resmi membuka Latihan Penyusunan Naskah Latihan (Latsunaslat) TNI AL TA 2020 melalui Video Converence (Vicon), Senin, (28/9).

Dalam membuka latihan tesebut Wadan Kodiklatal berada di Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) kesatrian Bumimoro Kodiklatal sedangkan peserta lainya berada di Mako Koarmada I Jakarta. Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Laporan ketua penyelenggara, amanat Direktur Latihan dan diakhiri dengan penutup.

Ketua penyelenggara yang juga Kawasdal Kolonel Marinir Fery Marpaung menyampaikan bahwa tujuan latihan adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan personil tingkat Kotama dalam penyusunan Rencana Garis Besar Buku I, Buku IIA, Buku IIB dan buku III. Sedangkan tema latihan adalah “Kodiklatal Melaksnakan Latihan Penyususnan Naskah Latihan TA 2020 di Kodiklatal dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

Untuk tempat latihan dilaksanakan di dua tempat yaitu Kodiklatal dan Koarmada I Jakarta, sedangkan waktu pelaksnaan dari tanggahl 28 September hingga 7 Oktober 2020. Metode latihan adalah Geladi Posko sedangkan meteri yang dikembangkan adalah mekanisme penyusunan RGB Latihan Buku I, IIA, IIB dan Buku III pada penyelenggaraan operasi Gabungan TNI dalam rangka Operasi Militer Perang.

Adapun Peserta Latsunsalat ini TA 2020 ini berjumlah 247 orang dengan rincian Posko Lat A di Koarmada I Jakarta 44 orang, Posko Lat B 38 orang dan Posko Lat C 38 orang, kedua posko ini di Kodiklatal. Peserta lainya terdiri tim penilai 12 orang, Penasehat 2 orang tim evaluasi 8 orang, penyelenggara 91 orang peninjau 2 orang dan pendukung 12 orang

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat selaku Dirlat dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa Kodiklatal sebagai kotama pembinaan doktrin, pendidikan dan latihan TNI AL mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap peningkatan kemampuan dan profesionalitas perwira TNI AL untuk merencanakan dan menggelar latihan dalam berbagai skala guna keberhasilan tugas satuan operasi tni angkatan laut

Menurutnya, kegiatan ini memberikan jawaban realistis terhadap tuntutan tugas ke depan yang semakin kompleks serta sebagai tolok ukur untuk menilai sejauh mana keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh Kodiklatal dalam upaya meningkatkan profesionalisme satuan operasi dan prajurit pengawaknya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Dankodiklatal memberikan beberapa penekanan, diantaranya agar para peserta mengikuti semua tahapan latihan dengan sungguh-sungguh agar memiliki kemampuan yang andal dalam menyiapkan suatu latihan operasi gabungan mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran.

“Manfaatkan dengan baik kesempatan mengikuti latihan untuk mengukur kemampuan saudara dalam menghadapi tugas-tugas kedepan sebagai kelompok perancang latihan dan staf latihan pada kegiatan latihan operasi gabungan TNI,” ujarnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE