Penanggulangan Huru Hara di Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Landasan pacu Bandara Internasional Sam Ratulangi didatangi sekelompok orang pendemo membawa berbagai spanduk protes tentang pengembangan bangunan hanggar Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi, di sebelah timur runway, Selasa (27/10/2020) pagi.

Skenario itu adalah salah satu kegiatan simulasi Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di aset Lanud Sam Ratulangi.

Kepala Dinas Operasi Lanud Sam Ratulangi Mayor Lek Riki Husman, bahwa latihan simulasi ini adalah program kerja Dinas Operasi melalui Bidang Keamanan Pertahanan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi.

“Skenario itu adalah salah satu kegiatan simulasi Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di aset Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan kesiapan pasukan TNI Angkatan Udara khususnya di Lanud Sam Ratulangi dalam tugas keamanan dan pertahanan pangkalan udara.”

Upaya kesiapan dalam membantu Polri mengawal Pilkada Sulut Jika dibutuhkan, kita telah siap untuk digerakkan demi menjaga situasi senantiasa kondusif, kita siap membantu Pemerintah Daerah Sulawesi Utara.

Lanjut secara teknis dijelaskan Kepala Seksi Keamanan Pertahanan Pangkalan Lanud Sam Ratulangi (Kasikamhanlan) Mayor Pom Benyamin Sirait PHH ini dimulai pukul 05.00WITA diawali apel Pemeriksaan keseluruhan kesiapan regu, dilanjutkan dengan patroli mengelilingi bandara Internasional Sam Ratulangi.

Disampaikan Kasikamhanlan yang dengan didampingi Kaur Keselamatan Terbang dan Kerja Lanudsri Letda Lek Karaeng menuturkan hal ini Sekaligus memeriksa keamanan alat utama sistem senjata, serta keamanan bandara Internasional Sam Ratulangi Manado demi keselamatan penerbangan.

Sebelumnya Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk sebelumnya telah memerintahkan untuk dilaksanakannya simulasi PHH,
Hal ini dikatakannya saat melaksanakan kegiatan ‘Jam Komandan’ pada pertengahan bulan Oktober lalu.

Danlanud telah memerintahkan Kasikamhanlan Mayor Pom Benyamin Sirait, agar PHH siap selalu jika dibutuhkan.”
Kesiapan ini untuk mengantisipasi adanya permintaan perbantuan PHH apabila mendesak.” Kuncinya

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.