Latihan Glagaspur Tingkat III / L-3 Satkat Koarmada II Tahun 2020 Memasuki Tahap Manuver Lapangan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Latihan Gladi Tugas Tempur atau Glagaspur TK III/L-3 yang dilaksanakan oleh Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II yang di komandani oleh Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko, telah memasuki tahap Manuver Lapangan (Manlap) yang digelar di Perairan Laut Jawa pada Jum’at (27/11).

Peperangan laut merupakan salah satu kemampuan peperangan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut untuk mendapatkan keunggulan di aspek laut. Sehingga latihan rutin secara terus menerus dalam suatu Integrasi dan sinergis sangat di perlukan. Hal ini yang melatar belakangi kegiatan geladi tugas tempur Satuan Kapal Cepat di selenggarakan guna mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok.

Disela kegiatan Manlap, Kolonel Rio mengatakan, “ Berdasarkan PUM 08 Tahun 2014 tentang pembinaan bidang latihan TNI AL dan tugas pokok Satuan Kapal Cepat Koarmada II yaitu melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur prajurit dan unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan permukaan, peperangan udara dan sebagai penegak hukum di laut dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmada II, “ ungkapnya.

“Latihan dilaksanakan selama 14 hari, tepatnya sejak tanggal 16 hingga 30 November 2020 ini melibatkan sekitar 344 personel yang terdiri dari unsur dan staf Satkat Koarmada II juga KRI Tombak-629 yang di komandani Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo dan KRI Mandau-621 yang di komandani Letkol Laut (P) Dedi Wardana. Latihan yang dilaksanakan adalah penembakan meriam dari berbagai kaliber serta beberapa latihan integrasi lainnya“ pungkas Kolonel Rio.

Ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharap latihan Glagaspur Tingkat III atau L-3 ini dapat menjadi nilai tambah dalam berpikir maupun bertindak dalam menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi kepentingan nasional di laut yuridiksi nasional sesuai program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang penyelarasan doktrin, Ops-Lat dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.