Mabesal Peringati Hari Pahlawan

Spread the love

Jurnalline.com.com, Jakarta – Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) melaksanakan upacara memeringati Hari Pahlawan tahun 2020, dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabesal Kolonel Marinir Umar Farouq, S.A.P., bertempat di Lapangan Trisila, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (10/11).

Pada upacara yang mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” ini berlangsung secara khidmat namun berbeda dari tahun sebelumnya dimana dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan jumlah peserta upacara yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari Peter Batubara, M.B.A., dalam amanat tertulis yang dibacakan Dandenma Mabesal mengatakan bahwa, pada Peringatan Hari Pahlawan di seluruh plosok tanah air dan perwakilan RI di luar negeri melaksanakan Upacara Bendera dan Mengheningkan Cipta secara serentak selama 60 detik untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan RI yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Apa yang telah dilakukan para Pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia”, ungkap Dandenma mengutip amanat Mensos RI.

Menurutnya, meskipun dalam masa pandemi Covid-19, Peringatan Hari Pahlawan dapat memberikan energi untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu megutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai kepahlawanan yakni percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, bergotong royong harus terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

“The Founding Fathers kita Sukarno mengatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar, maka dari itu kita lanjutkan perjuangan para Pahlawan RI untuk mengisi kemerdekaan membangun negeri, kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia”, tambahnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.