Danramil 05 TA Hadiri Simulasi Kampung Tangguh Bencana Kota Administrasi Jakarta Pusat

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Danramil 05 TA Mayor Arh Saryono berserta Babinsa Karet Tengsin menghadiri Gladi Lapang/Simulasi Kampung Tangguh Bencana Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan STU RW 05 Karet Tengsin Tanah Abang, diikuti oleh seluruh jajaran Kecamatan dan kelurahan Tanah Abang, termasuk Koramil 05 TA, pihak kepolisian, tiga pilar serta warga.

Dikesempatan itu Danramil 05 TA Mayor Arh Saryono berharap pembentukan kampung tangguh di wilayah binaan dapat mensinergikan semua elemen kemasyarakat mengantisipasi bahaya bencana yang nantinya akan terjadi.

“Dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat serta elemen lainnya memiliki ketanguhan terhadap bencana. Masyarakat diwilayah binaan diharapkan memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana”, tutur Mayor Arh Saryono.

Hal yang sama juga dikatakan Plh Walikota Jakarta Pusat Irwandi. Menurutnya kegiatan ini mengarahkan masyarakat terkait untuk tanggap dan tangguh menghadapi bencana banjir dan tidak lupa Protap Protokol Kesehatan Covid -19 dengan 3-M dan selalu berdoa.

Ia pun menegaskan, “Agar tetap laksanakan senergitas 3 pilar di tingkat Kota sampai tingkat Kelurahan, karena ini tugas kita semua untuk penanganan menghadapi banjir di Jakpus. Kesadaran untuk kebersihan di lingkungan masing masibg warga tidak kalah penting sebagai pencegahan awal”.

Diketahui kampung tangguh merupakan program nasional yang bertujuan memberdayakan masyarakat serta aparat lainnya untuk mampu secara mandiri mengendalikan berbagai risiko bencana yang dihadapi.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
*Sumber : Penerangan Kodim 0501/JP BS*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.