Frits Muntu Ikuti Rakor Kemendagri Via Zoom Meeteng

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R. Muntu, S.Sos mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran APBD tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri via zoom meeting Selasa, (15/12).

Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan APBD Tahun 2020 dihadiri oleh Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia bertempat di Kantor Kemendagri diikuti melalui zoom meeting.

Dalam Rakor ini Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori, mengingatkan pemerintah daerah agar segera mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

“Dalam kurun waktu 10 hari mendatang diharapkan di percepat realisasi APBD untuk penanganan Covid-19, dan lainnya terpenting  diperhatikan untuk pendorong laju perekonomian Indonesia.”

Diketahui bahwa pertumbuhan Ekonomi akan membaik dengan didorong realisasi belanja negara yang meningkat secara signifikan.

“Pemerintah daerah (Pemda) di seluruh Indonesia untuk mematuhi arahan Presiden Joko Widodo tentang menjaga keseimbangan strategi “gas dan rem”, dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19 sekaligus mendorong laju prekonomian.

“Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi dan kesehatan masyarakat sama-sama berjalan beriringan.”

Lanjut bahwa Kesehatan masyarakat, kesehatan publik tetap nomor satu, tetap yang harus diutamakan, tetapi memprioritaskan kesehatan bukan berarti mengorbankan ekonomi.

“Tiga fokus bidang yang harus diperhatikan yaitu kesehatan, ekonomi, dan jaring pengaman sosial dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.”

Untuk Pemerintah Kab. Minahasa sendiri, sudah melakukan penyesuaian belanja daerah, dan melakukan pengutamaan penggunaan anggaran dan metode pelaksanaan kegiatan anggaran, serta melakukan penyesuaian target pendapatan daerah dan rasionalisasi belanja daerah dengan melakukan perubahan dan pemberitahuan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.