TNI AL dan AL Australia Patroli Terkoordinasi Di Laut Timor

Spread the love

Jurnalline.com, Katapop – TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada III dan Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN) melaksanakan Patroli Terkoordinasi “Ausindo-20” di perairan perbatasan kedua negara, yaitu Laut Timor selama satu bulan.

Secara teknis, unsur-unsur TNI AL yakni KRI Lemadang-632 dan KRI Pandrong-801 melaksanakan patroli maritim di wilayah teritorial NKRI, perairan perbatasan Laut Timor dan Laut Arafuru. Sementara unsur RAN yaitu HMAS Childers melaksanakan patroli maritim di wilayah teritorial Australia dan perairan perbatasan Laut Timor.

TNI AL dan RAN melaksanakan patroli dan bertanggung jawab atas sektor masing-masing, apabila terjadi Cross Border Pursuit, maka tetap berpedoman pada perjanjian bilateral yang sudah ada. Pembayangan dan pengejaran akan dihentikan apabila sudah ditangani oleh unsur Patkor Ausindo-20.

Patkor Ausindo-20 bertujuan untuk penangkalan dan penindakan terhadap setiap pelanggaran wilayah kedaulatan dan hukum di laut dalam bentuk Illegal entry, imigran illegal, penyelundupan, tindak pidana perikanan, perompakan/pembajakan di laut, pencurian harta karun, gangguan terhadap garis perhubungan laut, pelanggaran peraturan pelayaran, pencemaran di laut, dan pelanggaran lainnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kadispen Koarmada III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.