Pemdes Bumi asih Realisasikan Dana Desa Tahun 2020 Dan Menjadikan Desa Wisata

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Pemerintah Desa Bumi asih kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung, telah melaksanakan kegiatan APBDes Tahun 2020, kegiatan pembangunan infrastruktur kegiatan pembinaan maupun penanganan penanggulangan Covid 19. Minggu (11/01/2021).

Kepala Desa bumiasih Poniran ketika di konfirmasi di kediamannya Sabtu (10/0) dia mengatakan untuk realisasi anggaran pendapatan belanja desa ( APBDes ) tahun 2020 Desa Bumi asih membangun sebagai berikut.
Pertama Pembangunan saluran Drainase sepanjang 477 meter di Dusun 001 dan pembangunan tembok penahan tanah ( TPT )di Dusun 001 RT 001 dan RT 002. Selanjutnya pembangunan Drainase sepanjang 375 meter di Dusun 002 RT 001 dan RT 002.
Dan yang terakhir membuat sumur bor di Mushola Al-Muttaqin di Dusun 004.

Untuk pelaksanaan pemberdayaan hanya pemberdayaan Posyandu, UMKM dan TP PKK.
Untuk UMKM bergerak dibidang Forniture miniatur seperti membuat mobil pesawat lampu hias dari paralon berlokasi di Dusun 003, RT 002.

Karena terhambat oleh covid-19 untuk pemberdayaan dialihkan ke bantuan langsung tunai ( BLT )Dana Desa sebanyak 59 KPM.

Pembagian BLT Dana Desa dari bulan April Mei Juni sebesar Rp 600.000 per bulan untuk setiap KPM

Sedangkan di bulan Juli, Agustus,September dan Oktober sebesar Rp 300.000 per bulan untuk setiap KPM

Selain itu untuk penanganan virus covid 19 ini kami membentuk satgas membuat posko tempat cuci tangan pembagian masker pembelian alat pelindung diri APD beli hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di setiap rumah

Untuk insentif satgas setiap orang sebesar Rp 200.000, selama musim Corona sampai ditetapkan oleh pemerintah New normal.

Semenjak ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah New normal maka satgas diambil oleh alih oleh pemerintah Desa sampai saat ini.

Poniran menyarankan kepada seluruh masyarakat Desa Bumi asih untuk mematuhi perintah 3M dari pemerintah pusat,daerah maupun pemerintah Desa untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 sering mencuci tangan memakai sabun, memakai masker dan jauhi kerumunan massa atau menjaga jarak.
jaga kebersihan lingkungan mari kita jaga kesehatan diri kita dan keluarga.

Masih di lokasi yang sama Muhamad Khotim selaku sekretaris Desa Bumiasih menambahkan di tahun 2020 kepala Desa melihat review RPJMDes, tujuan utama adalah membuat Desa wisata maka dari itu Kepala Desa mengambil manuver untuk menanam seribu pohon pinang yang penanamannya dilaksanakan bertepatan hari ulang tahun Desa Bumi asih yang ke XVIII ( Delapan belas tahun ) saat itu dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan Nanang ermanto.

Ditanam secara simbolis oleh Bupati Nanang ermanto, maka di anggaran 2021 nanti akan kita prioritaskan menganggarkan kegiatan tersebut.

Kepala Desa juga punya program bedah rumah dan pembagian beras kepada kepala rumah tangga yang tidak mendapat Bantuan pangan Non tunai ( BPNT ) dan PKH.
jadi bagi masyarakat Desa Bumi asih yang tidak mendapat program PKH dan BPNT akan mendapat raskin dari anggaran dana desa.

“Untuk program bedah rumah tahun 2020 kami membedah rumah bapak Sudin di dusun 003, dan bagi keluarga yang tidak mendapat Bantuan dari pemerintah pusat dan daerah kades punya program membantu sembako, seperti beras, susu dan telur,” papar Khotim

Ditambah program peningkatan sarana pertanian ekonomi masa Pandemi berlokasi di Dusun 003, jalan pertanian tembus Desa Tanjung jaya.

M. Khotim berharap mudah-mudahan virus Corona covid-19 segera berakhir supaya pembangunan dan pemberdayaan di masyarakat berjalan sebagaimana mestinya,” harap nya

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.