Pemkab Minahasa Gandeng Sembilan RS Optimalkan Jaminan Kesehatan Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Sembilan rumah sakit yang dimaksud tersebut masing-masing RSUD Sam Ratulangi Tondano, RSUD Noongan Langowan, RS Budi Setia Langowan, RS Siloam Sonder, RS Bethesda Tomohon, RS Gunung Maria Tomohon, RS Mata Manado, RS Awaloei Tateli, dan RSUP Prof. Kandou Manado.

Hal ini dijelaskan Bupati Kab.Minahasa Dr Ir Roykr O. Roring M.Si saat prlaksanaan Apel perdana jajaran lingkup ASN kab.Minahasa, Senin (04/01/2021).

Ada sekitas 42 ribu warga Minahasa sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditanggung pembiayaan kesehatan mereka jika berobat di 9 rumah sakit tersebut.

“Jumlah tersebut diluar warga yang sudah masuk program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Sulawesi Utara.” Ujar Bupati Roring

Lanjutnya Data kepesertaan tersebut yang dalam waktu dekat ini akan diserahkan dan diumumkan di masing-masing desa/kelurahan dan pesertanya akan menerima Kartu Minahasa Sehat dan sudah dikirimkan ke sembilan rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkab Minahasa.

Diketahui per31 Desember 2020 kerjamasama BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah berakhir, terkait piutang Pemkab Minahasa sebesar Rp 8 milyar dari total sebelumnya Rp 18 milyar yang belum dibayarkan.

“Ini karena pihak BPJS tidak bisa memberikan kelonggaran waktu terhadap permohonan penundaan pembayaran utang iuran yang menjadi tanggung jawab Pemkab Minahasa.” Jelasnya

Meski demikian dalam hal ini Pemkab Minahasa tidak serta merta untuk lepas tanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemkab Minahasa langsung mengambil langkah inisiatif dengan menggandeng sembilan Rumah Sakit yang tersebar di Manado, Tomohon dan Minahasa.

“Kerjasama dengan BPJS kesehatan cabang minahasa bukan berarti kita mengabaikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan sudah menjadi komitmen kami tetapi kami sudah mengambil langkah antisipasi dengan menandatangani kerjasama dengan sembilan rumah sakit di Minahasa, Tomohon dan Manado,” tandas Bupati Royke Oktavian Roring Msi (ROR).

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.